Politik dan Sosial Budaya
Trending

Made Urip Intruksikan Kader Jadi Pelopor Gerakan Menanam Seluruh Bali

"Kompak Bersama Gubernur Koster Rayakan HUT Megawati dan PDI Perjuangan"


Gianyar, PancarPOS | Tak menunggu lama, sekitar 3 ribu bibit pohon buah produktif yang khusus disebar ke Kabupaten Gianyar oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pangan, Pertanian, Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Drs. I Made Urip, M.Si., akhirnya ditanam. Diantaranya saat bersama Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dr.Ir. Wayan Koster, MM., menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 PDI Perjuangan sekaligus merayakan HUT ke-74 Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarno Putri dengan gerakan penanaman 2 ribu pohon dengan tema “Satu Pohon Sejuta Manfaat” dipusatkan di Banjar Pakuseba, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Sabtu (23/1/2021) pagi. Ikut hadir menanam Anggota DPR RI Dapil Bali dari Fraksi PDI Perjuangan, I Gusti Agung Rai Wirajaya, SE., MM., dan I Nyoman Parta, Bupati Gianyar yang juga Ketua DPC PDIP Gianyar, I Made Mahayastra serta Bupati Buleleng yang juga Ketua DPC PDIP Buleleng, Putu Agus Suradnya, beserta para Ketua dan Pengurus DPC PDIP se-Bali.

1bl/bn#23/1/2021

Gerakan menanam sekaligus penyerahan bantuan sejumlah kursi roda dengan tetap menerapan protokol kesehatan tersebut, berkat perjuangan Made Urip yang duduk lima periode sebagai Anggota Komisi IV DPR RI yang telah menyerahkan 20 ribu bibit pohon yang disebar dan ditanam ke seluruh Bali di Posko Penyerahan Bibit Produktif Tahun 2021, Desa Tua, Marga, Tabanan, Jumat (15/1/2021). Sebelumnya, Wakil Rakyat Sejuta Traktor ini, juga menyerahkan 10 ribu bibit pohon unggul dan produktif di wilayah Kecamatan Tabanan utara, sekaligus penanaman bibit tananam dan aksi bersih-bersih kali di daerah aliran Sungai Yeh Empas, Tabanan sebagai rangkaian perayaan HUT ke-48 PDI Perjuangan pada Minggu 10 Januari 2021. “Pak Made Urip sangat rajin turun, termasuk sering datang ke Desa Taro dan saya sangat berterimakasih karena terus memberi bantuan untuk para petani di Gianyar,” ungkap Bupati Mahayastra, seraya menyebutkan kejayaan PDIP kembali diraih di Gianyar dan sudah menjadi partai rakyat di Gianyar yang terbukti banyak tokoh-tokoh ingin bergabung.

“Ini tidak lepas dari munculnya figur Ketua DPD Bapak Wayan Koster di saat pertarungan multi dimensi ini. Sehingga menjadi partai yang paling tertib dan paling jelas perjuangannya adalah PDI Perjuangan,” tandasnya. Mendengar hal itu, Wayan Koster yang juga Gubernur Bali asal Desa Semiran, Buleleng tersebut, mengakui sebagai kader partai sudah mendapat posisi terhormat, baik sebagai anggota legislatif di kabupaten hingga pusat termasuk di eksekutif seperti gubernur dan bupati maupun walikota. Untuk itu, melalui momentum HUT PDI Perjuangan menjadi tempat kader terus berproses sebagai partai yang solid digerakan oleh Ketua Umum Megawati. “Bertepatan hari ini, Ibu Mega berulang tahun yang ke-74. Ini sebagai hari istimewa, karena figur Ibu Mega menjalankan prinsip kepartaian dengan gigih dan tegak lurus menjalankan ideologi partai, sehingga bisa terus eksis membangun kader partai. Dan, salah satu kegemarannya menanam tanaman, sehingga untuk menghormati HUT Ketua Umum ditugas menanam pohon di seluruh Indonesia dalam struktur DPP sampai ke seluruh ranting,” tegas sosok politisi visioner yang juga mantan Anggota DPR RI tiga periode itu.

1bl-bn#5/1/2020

Pada kesempatan itu, Perbekel Desa Taro, I Wayan Warka mengucapkan terimakasih karena gerakan penanaman pohon dipusatkan di Desa Taro oleh Gubernur Koster beserta Made Urip yang selama ini sudah banyak memberikan bantuan. “Terimakasih banyak kepada Pak Urip dan sesuai himbauan Bapak Gubernur kita harus kembali ke alam dan mulai digalakan dari Desa Taro,” bebernya, sekaligus ditambahkan Wakil Kelian Subak Abian Hubung Sari, Wayan Windi Adnyana sangat menyambut baik gerakan penanaman pohon oleh Made Urip di Desa Taro. “Kami sangat berterimakasih, terutama Pak Made Urip dan Pak Gubernur yang mempercayakan penanaman pohon di Desa Taro. Mudah-mudahan bisa diperhatikan lebih baik lagi sebagai sentra pertanian di Gianyar,” sebutnya. Di sisi lain, Made Urip menegaskan perayaan HUT PDI Perjuangan sekaligus HUT Ketua Umum Megawati akan terus mengintruksikan seluruh kader partai melakukan gerakan menaman. Apalagi sesuai Undang Undang No.41 tahun 1999 tentang Kehutanan mewajibkan harus ada minimal 30 persen kawasan hijau, namun di Bali sayangnya masih kurang, sehingga kader PDIP harus terdepan melakukan gerakan menanam untuk memperbaiki hutan dan lingkungan.

“Karena ini sudah cukup lama dari jaman Orba memberikan hak pengusaha menebang secara berlebihan, sehingga lahan terlantar hampir 50 juta hektar hutan hancur di Kalimantan. Sekarang meranalah rakyat disana kena bencana. Nah, di Bali dengan konsep Tri Hita Karana dan Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang dicanangkan Pak Gubernur harus konsisten dijalankan dan harus dipelopori oleh kader PDIP dengan gerakan penanaman dan reboisasi di dekat sungai dan danau-danau di Bali ke depan,” tegas Made Urip, seusai penanaman pohon seraya meninjau dan menanam pohon di kawasan pabrik air minum kemasan Perumda Air Minum Tirta Sanjiwani Banjar Bukian Kawan, Desa Bukian, Payangan, Gianyar. ama/ksm

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close