Ekonomi dan Bisnis

Ny. Putri Koster Ajak Designer Gaungkan Kain Tenun Asli Bali


Denpasar, PancarPOS | Di sela-sela menikmati libur akhir pekan, Ketua Dekranasda Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster berkesempatan untuk menyaksikan Acara Wimbakara (Lomba) Design dan Peragaan Busana serangkaian PKB XLIII Tahun 2021 bertempat di Gedung Ksirarnawa-Taman Budaya Art Center, Denpasar pada Minggu (20/6/2021).

Dalam sambutan singkatnya, Ny. Putri Koster menyampaikan apresiasinya terhadap hasil karya para desainer yang mengaplikasikan kain tenun Bali kedalam balutan busana adat kekantor, balutan busana kasual dan balutan busana pesta (cocktail). Menurutnya, kain tenun buatan para pengerajin Bali kualitasnya tidak diragukan lagi, di samping itu jika kain tenun dikreasikan untuk berbagai macam tema busana atau fashion, sangat menarik untuk dilihat. Untuk itu, agar para pengerajin tenun lebih semangat dalam membuat produk kerajinan, maka Ny. Putri Koster mengajak desainer yang ada di Bali untuk menggaungkan kembali kain tenun asli Bali untuk dikreasikan sesuai fashion yang sedang hits. Sehingga kain tenun Bali dapat terus dilestarikan.

Lebih lanjut, Ny. Putri Koster mengatakan bahwa pihaknya akan mengajak para desainer untuk membuat tren mode yang dipakai setiap tahunnya, seperti yang dilakukan di luar negeri. Sehingga dari tren mode tersebut secara tidak langsung dapat mempengaruhi masyarakat lokal maupun domestik dalam menggunakan kain tenun Bali. Untuk itu, ia berharap hal tersebut dapat didukung dan diberikan masukan oleh Dekranasda Kabupaten/Kota se-Bali.

Sementara itu, dalam lomba yang diikuti oleh tujuh kabupaten/kota se-Bali kecuali Buleleng dan Karangasem, maka telah diperoleh juara 1-3 dalam masing-masing kategori. Dari penilaian dewan juri maka untuk Lomba Busana Adat Bali Ke Kantor Berpasangan: Juara 1 diraih oleh Kota Denpasar, Juara 2 Kabupaten Gianyar dan Juara 3 Kabupaten Badung. Untuk lomba Busana Kasual Berpasangan diraih oleh Juara 1 Kota Denpasat, Juara 2 Kabupaten Badung dan Juara 3 Kabupaten Gianyar. Sedangkan Busana Pesta dari kain tenun diraih oleh Juara 1 Kabupaten Gianyar, Juara 2 Kota Denpasar dan Juara 3 Kabupaten Klungkung. mas/ama/*

Berita Terkait

One Comment

  1. Hello! Your site caught my eye as I was researching ‘gender scan services near me.’ The information you provide is incredibly helpful. Currently in search of a reliable ‘gender scan near me,’ I would greatly appreciate any insights or recommendations you could share. Thanks in advance!

Tinggalkan Balasan


Back to top button