Daerah

Lokasabha IV Pasemetonan Dukuh Gianyar

Gede Sudiana Ketua Terpilih, Didampingi Putu Yahdi Sekretaris


Gianyar, PancarPOS | Pasemetonan Dukuh Gianyar, bertepatan dengan Sukra Keliwon Watugunung, Jumat (19/5/2023) melaksanakan Lokasaba IV di Pura Dalem Gandalangu, Puri Pasung Grigis, Banjar Tengkulak Kaja, Desa Kemenuh Sukawati Gianyar. Lokasabha IV diikuti oleh utusan – utusan dadia Dukuh se-Kabupaten Gianyar, juga dihadiri Pangelingsir Dukuh Bali Jro Dukuh Sumerta, Ketua Pasemetonan Dukuh Bali, Jero Made Dauh Suansara serta sejumlah undangan lainnya.

1bl#ik-041.14/5/2023

Pangelingsir Dukuh Bali Jro Dukuh Sumerta mengajak semeton Dukuh bersama-sama membesarkan nama Dukuh dengan cara: setiap warga Dukuh membangun reputasi yang baik. Bangga sebagai warih Dukuh. ‘’Semeton Dukuh mangdane nuwur Ida Nak Lingsir Dukuh pada saat melaksanakan upacara yadnya,’’ kata Jro Dukuh Sumerta. Owner Bebek Tepi Sawah itu melanjutkan, semeton Dukuh tidak ragu menggunakan atribut Dukuh, ngajegang sesane manut ring linggih, serta tertib organisasi yang ditandai dengan taat terhadap AD/ART.

Dan yang tak kalah pentingnya, kata Jro Dukuh, transparan dalam laporan keuangan. Ini penting agar selalu dipercaya. ‘’Kita semua harus selalu menjaga kebesar nama Dukuh. Jika ada perbedaan pendapat, itu hal biasa dalam demokrasi, selesaikanlah dengan baik, kita semua satu keluarga besar vasudeva khutumbakan,’’ katanya. Sementara itu, Ketua Pasemetonan Dukuh Bali, Jero Made Dauh Suansara berharap Semeton Dukuh yang ada di Kabupaten Gianyar maupun di Provinsi Bali betul – betul bersatu untuk bisa berkarya ke depan sesuai Bhisama leluhur Ida Ratu Dukuh. “Intinya semua nanti lebih baik, kita ingin betul – betul menerapkan Bhisama leluhur Ida Ratu Dukuh agar kita Semeton Dukuh maguna desa,” ungkap Jero Made Dauh Suansara.

1bl#ik-016.4/4/2023

Jero Made Dauh Suansara minta kepada pengurus Dukuh Kabupaten Gianyar agar segera mendata semeton yang ada di wilayah Gianyar, sehingga tidak ada lagi semeton dukuh yang tidak terdata dalam pasemetonan. Hal ini penting dilakukan dalam upaya menjaga Pasemetonan Dukuh yang sudah besar menjadi semakin besar. “Sehingga Pasemetonan Dukuh yang sudah besar, menjadi semakin besar dan betul – betul nantinya semeton bertanggungjawab akan nama besar Ida Ratu Dukuh dengan prilaku yang baik melalui penerapan Tri Kaya Parisudha,” harap Ketua Pasemetonan Dukuh Bali, Jero Made Dauh Suansara.

Sementara Ketua Pasemetonan Dukuh Kabupaten Gianyar, I Gede Sudiana mengatakan, sesuai dengan amanat Lokasabha IV dan yang disampaikan Penglingsir Dukuh Provinsi Bali, pihaknya akan segera melaksanakan berbagai program yang sudah dicanangkan dalam Lokasabha. “Salah satunya Dadia – Dadia Dukuh yang belum terdaftar, segera kami data. Dukuh yang sudah besar di Gianyar akan semakin bertambah besar sehingga program – program yang dicanangkan dalam Lokasabha IV itu bisa kita laksanakan dan Pasemetonan Dukuh Gianyar semakin bagus dalam melaksanakan program tersebut,” kata I Gede Sudiana.

1bl#bn-29/8/2020

Pengurus Pasemetonan Dukuh Kabupaten Gianyar masa bakti 2023/2028 adalah Penglingsir, I Nyoman Sumerta., I Made Markadinata., I Made Berata., I Nyoman Bandung. Pembina, I Made Budiarta., I Made Sada Artha., I Wayan Latra. Ketua, I Gede Sudiana., Sekretaris, I Putu Yahdi., Bendahara, I Wayan Yasa., Wakil Ketua I Bidang Agama dan Budaya, Jro Mangku Agus dan Jro Mangku Gina. Wakil Ketua II Bidang Pendidikan dan Pelatihan, I Wayan Prasta dan I Nyoman Mustika. Wakil Ketua III Bidang Sosial dan Hubungan Antar Lembaga, I Wayan Darma dan I Wayan Wastra.

Wakil Ketua IV Bidang Perencanaan dan Anggaran, I Wayan Wastika dan I Wayan Muka., Wakil Ketua V Bidang Umum dan Publikasi, I Nyoman Sukadana dan I Wayan Siwi serta I Made Sudarma., Wakil Ketua VI Bidang Peningkatan Peran Wanita dan Pemuda, Ni Wayan Sarni dan I Wayan Parwata., Wakil Ketua VII Bidang Hukum dan Advokasi, I Wayan Sunarta dan I Gede Surya Diputra., Wakil Ketua VIII Bidang Keamanan, I Made Tampa Asmara dan Anggota Pecalang. nya/ama/ksm

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button