Olahraga dan Pendidikan

FMIPA Unud Gandeng Biro Kemahasiswaan Gelar Sosialisasi PPK Ormawa dan P2MW


Badung, PancarPOSUntuk membangun kapasitas mahasiswa untuk pembangunan desa dan usaha mahasiswa, FMIPA gandeng Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana lewat tim PPK Ormawa dan P2MW Universitas Udayana gelar sosialisasi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) dan Program Pembangunan Usaha Mahasiswa (P2MW). Acara yang diselenggarakan di  Lab Komputer Lantai 3 Gedung Dekanat FMIPA ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Prof. Ni Nyoman Rupiasih, S.Si, M.Si, Ph.D. yang membidangi kemahasiswaan di FMIPA.

Selain Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, kegiatan ini juga dihadiri oleh Tim PPK Ormawa dan P2MW Universitas Udayana, Dosen Pembina PPK Ormawa dan P2MW FMIPA, Koordinator TU FMIPA, Sub Koordinator Kemahasiswaan FMIPA dan Perwakilan Lembaga Mahasiswa FMIPA yang terdiri atas Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa (HIMA), dan Badan Semi Otonom (BSO).

Sosialisasi ini membahas pentingnya PPK Ormawa sebagai program yang fokus pada peningkatan kapasitas mahasiswa dalam penulisan proposal. Program ini memfasilitasi kegiatan mahasiswa di tingkat fakultas, dengan pemfokusan pada pembangunan desa. Proposal PPK Ormawa yang lolos seleksi akan mendapatkan dana Rp 40.000.000 dari kementerian dan 10% dari Universitas Udayana.

Dalam pelaksanaannya, PPK Ormawa melibatkan mahasiswa selama 4 bulan di desa atau tempat penelitian. Program ini sudah direkondisi dengan 20 SKS untuk memastikan mahasiswa dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan maksimal.

Selain itu, turut disosialisasikan pula Program Pembangunan Usaha Mahasiswa (P2MW), yang merupakan program untuk mahasiswa yang telah memiliki prototipe produk atau menjalankan usaha melalui Direktorat Belmawa. Program ini juga direkognisi 20 SKS dan dapat diikuti oleh mahasiswa minimal semester 5 atau sudah menjadi mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 Wita sampai 12.00 wita ini menggarisbawahi  beberapa poin penting yakni mencakup (1) Keuntungan  Mengikuti PPK Ormawa yakni Membangun kapasitas dalam penulisan proposal dengan fokus pada pembangunan desa; (2) Timeline Kegiatan PPK Ormawa dan P2MW, Informasi terkait jadwal dan tahapan pelaksanaan PPK Ormawa dan P2MW; (3) Tahapan Usaha dalam Program P2MW, Penjelasan mengenai proses dan langkah-langkah pengembangan usaha mahasiswa; dan (4) Kategori Usaha dalam P2MW, Beragam jenis usaha yang dapat diikutsertakan dalam program ini.

Peserta juga diingatkan bahwa Buku Pedoman Kegiatan Tahun 2024 akan dishare kembali sebagai dasar pedoman untuk pembuatan proposal kegiatan yang akan diajukan dalam seleksi. Sosialisasi ini diakhiri dengan ucapan dari Dekan Universitas Udayana, Ni Luh Watiniasih. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan mahasiswa Universitas Udayana dapat lebih aktif dan siap mengikuti program-program tersebut untuk membangun kapasitas dan kontribusi positif bagi pembangunan desa dan pengembangan usaha mahasiswa.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4286-Tingkatkan-kapasitas-dan-kontribusi-bagi-pembangunan-desa-dan-usaha-mahasiswa-FMIPA-gandeng-Biro-Kemahasiswaan-gelar-sosialisasi-PPK-Ormawa-dan-P2MW.html

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button