Ekonomi dan Bisnis

Jelang Galungan, Petani Cabai Harap Harga Jual Naik



Gianyar, PancarPOS | Menjelang hari raya Galungan petani cabai di wilayah Sukawati berharap terjadi kenaikan harga jual. Saat ini harga cabai di Gianyar berkisar Rp50 ribu sementara di daerah lain sudah mencapai Rp80-100 ribu. Salah satu petani cabai asal Banjar Gelumpang Sukwati, Mangku Suamir (56) saat ditemuai, Selasa ( 21/1/2020) berharap hasil panen kali ini bisa lebih baik. Mengingat di tahun lalu saat harga cabai tinggi justru tanaman cabai petani diserang hama.

6bl-bn#17/1/2020

Mangku Suamir mengungkapkan, saat ini harga cabai mulai merangkak naik ditengah kondisi tanaman yang sehat dan produktif. “Sudah tiga kali panen terakhir, kami tidak mengalami kendala, syukurnya lagi  harganya  masih diatas biasanya” jelas Suamir lanjut berharap kondisi tanamanya tetap baik hingga hari raya Galungan dan Kuningan,” harapnya.

Baca | Awal Tahun 2020, Dua Kapal Cruise Kembali Sandar Bersamaan di Pelabuhan Benoa

Petani lainnya Nyoman Ardika (55) petani dari Subak Landep, Sukawati juga bersyukur lantaran curah hujan yang cukup membuat tanaman cabainya sehat dan tidak terserang hama pembusukan akar. Menghindari potensi gagal panen yang tinggi ia juga menanamai lahanya dengan sistem tumpang sari. “Kondisi ini dilakukan karena setiap musim beda-beda dan tidak bisa mengandalkan cabai saja, ada tembakau ada juga padi, nanemnya bergiliran,” jelasnya.

1bl-bn#5/1/2020

Secara terpisah Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gianyar, Niluh Gede Eka Suary mengatakan, sampai saat ini harga cabai di sejumlah pasar di Gianyar masih aman berkisaran diangka Rp50 ribu. “Dari laporan staf saya yang turun kelapangan, harga cabai saat ini diangka Rp50 ribu,” jelasnya.

Baca | Kanwil DJP Bali Sumbang Peneriman Pajak Rp11 Triliiun

Namun demikian, pihaknya tidak bisa memastikan kapan harga cabai naik maupun turun. Untuk sementara pasokan cabai dari daerah Kintamani dan petani-petani di Gianyar masin cukup untuk pasar di Gianyar. Ditegaskan, sampai saat ini  pasokan cabai di Gianyar  masih aman, sehingga harga masih diangka stabil. Terkait naik turunya harga cabai murni akibat  faktor cuaca. Demikian pula dengan bumbu lainya seperti bawang diakuinya masih memerlukan pasokan dari luar kabupaten Gianyar. tur/ama/jmg

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close