Olahraga dan Pendidikan

PKKMB UNBI Perkuat Fisik Mahasiswa Baru Tahun 2023 Bermental Baja


Denpasar, PancarPOS | Universitas Bali Internasional yang beken dikenal UNBI, kembali menggelar Pembekalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2023. PKKMB yang digelar di Kampus UNBI, Denpasar, pada Senin (18/9/2023) mengambil tema Baruna guna memperkuat fisik dan mental para mahasiwa. PKKMB kali ini diikuti oleh 350 mahasiswa baru dari berbagai Prodi, dan yang paling banyak diikuti Prodi Farmasi UNBI. PKKMB yang dibuka langsung oleh Rektor UNBI, Prof. Dr.dr. I Made Bakta, Sp.PD.(KHOM) mengakui Prodi Farmasi masih menjadi primadona para mahasiswa baru, dari sekian banyaknya Prodi. Dikatakan, PKKMB ini sangat penting diikuti oleh mahasiswa baru sebagai masa pengenalan kehidupan di kampus, dan mahasiswa juga diperkenalkan model paradigma mahasiswa mandiri.

PKKMB yang digelar di Kampus UNBI, Denpasar, pada Senin (18/9/2023). (foto: ist)

“Bagaimanapun juga seorang mahasiswa harus berperilaku dan bersikap di perguruan tinggi dan memiliki lebih banyak kemandirian, bagaimana menumbuhkan kemandirian. Sehingga mahasiswa lebih adaktif dalam mengikuti segala proses pendidikan,” ujarnya, seraya mengatakan perkuliahan masih dibuka untuk penerimaan mahasiswa baru dari semua Prodi. “Paling favorit pada Prodi Farmasi melebihi kapasitas, dan satu-satunya Prodi Farmasi dinluar Unud yang akreditasi B hanya kita (UNBI, red),” ungkapnya.

Prof Bakta juga mengatakan Prodi Farmasi masih diminati karena pangsa pasarnya yang masih tinggi. “Farmasi itu masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat karena dia dapat bekerja di masyarakat seperti di Pusksesmas, Rumah Sakit, Pabrik, jadi pangsa pasarnya masih tinggi dan kita memberikan pendidikan farmasi dengan tujuan itu sehingga akhirnya menjadi iklan dari mulut ke mulut,” imbuhnya, seraya mengatakan pada prodi lainnya, UNBI hampir mencapai break event point, meskipun bersaing dengan perguruan tinggi swasta lainnya yang lebih tua, pihaknya akan tetap bersemangat dengan Yayasan untuk memperkenalkan UNBI lebih jauh lagi ke masyarakat. Salah satunya, melalui kegiatan PKKMB guna menyiapkan mental dan fisik mahasiswa, sehingga bisa mengikuti perkuliahan dengan baik dan maksimal.

1th#ik-072.21/8/2023

Apalagi selama ini diketahui model perkuliahan di pendidikan menengah dan di pendidikan tinggi berbeda. “Kalau dulu diasuh guru sekarang di Perguruan Tinggi mereka bebas kita sebagai dosen hanya Tut Wuri Handayani mengikuti mereka dari belakang memberikan mereka apa saja yang harus dikerjakan memberikan fasilitas dan sebagainya dan keberhasilan tergantung pada mahasiswa itu sendiri,” tegasnya. Tentunya PKKMB ini sangat penting sekali karena meliputi pengenalan dikehidupan kampus, serta pengenalan bagaimana mahasiswa harus berperilaku dan bersikap di perguruan tinggi dengan lebih banyak kemandirian. Di samping itu, tentang bagaimana menumbuhkan kemandirian, sehingga mahasiswa lebih adaktif dalam mengikuti segala proses pendidikan.

Pada kesempatan itu, Sekretaris 1 Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia, Made Nursari, SKM., MARS mengaku sangat mendukung kegiatan PKKBM ini agar bisa menjadikan SDM lebih unggul lagi. “Kami selalu komitmen dengan institusi, untuk mendukung fasilitas atau SDM dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di UNBI, jadi kami selalu siap sesuai dengan kemampuan sehingga UNBI bisa maju,” paparnya. Ajang PKKBM UNBI ini, juga mengundang beberapa narasumber yang ikut mengisi kegiatan, yakni Putri Indonesia Bali 2023, Anak Agung Sagung Istri Nanda Widya Saraswati serta I Gede Andika Paramartha selaku Entrepreneur dan Gede Robi Supriyanto selaku Musisi, Aktivis, Penulis dan Petani.

1th#ik-075.1/9/2023

Saat PKKMB ini, juga menghadirkan bakal calon Presiden RI yang digadang-gadang oleh PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo secara virtual memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap kegiatan PKKMB. Bahkan dirinya berpesan kepada mahasiswa baru harus bisa mengambil peluang baru, kalau bisa peluang tersebut harus dijemput. “Mahasiswa harus bisa mengambil peluang dan kesempatan, dengan mengikuti melaksanakan kegiatan kampus di UNBI, tumbuhkan bentuk karakter dan jati diri yang kuat,” tegasnya. Hal senada disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, SE., M.Si., yang dikenal sebagai Ny. Bintang Puspayoga mengatakan, keberadaan UNBI sebagai perguruan tinggi swasta di Bali merupakan sebagai bentuk kinerja dalam memajukan sumber daya manusia,, khususnya pada tenaga kesehatan, sekaligus untuk mendukung kemajuan pariwisata Bali.

Maka dari itu pada kesempatan PKKMB ini, para mahasiswa baru harus benar memanfaatkan momen dan peluang, sehingga ke depannya UNBI bisa mencetak SDM yang unggul, berkualitas dan berkompetensi. “Melalui PKKMB ini, saya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, dan UNBI merupakan kampus pencetak SDM unggul dengan komitmen mempertahankan tradisi luhur, sehingga mempunyai SDM yang berkarakter dan mampu bersaing pada dunia industri,” bebernya. ama/ksm

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button