Ekonomi dan Bisnis

Cegah PAD Bocor, Lahan Parkir Kawasan Mertasari Segera Digitalisasi


Denpasar, PancarPOS | Untuk meningkatkan PAD Kota Denpasar, Direktur Utama Perumda Bhukti Praja Sewaka Dharma Kota Denpasar, I Nyoman Putrawan, ST., melakukan inovasi kinerja dengan mendigitalisasi kawasan wisata Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar. Hal tersebut sesuai dengan Perwali No.29 Tahun 2022, di mana Pemerintah Kota Denpasar menugaskan Perumda Bhukti Praja Sewakadarma untuk mengelola parkir di lahan Pemkot Denpasar. Dikatakan Putrawan, untuk penataan parkir di kawasan Mertasari pihaknya sudah menetapkan beberapa skenario, teknis dan metode. Di mana nantinya parkir di kawasan Mertasari memiliki sistem yang memadai. “Kawasan Mertasari nanti akan memiliki parkir bersistem namanya, dan pada pelaksanaanya akan tertata rapi sebab ada kontrol main gate, dan in-out,” jelasnya ketika ditemui di Denpasar, pada Senin (19/9/2022).

1th#ik-14/8/2022

Putrawan mengakui, nantinya dalam penataan parkir tersebut akan dilengkapi dengan pembayaran non tunai, baik itu cash les maupun tab cash. Hal ini sejatinya bisa mengontrol pendapatan yang sesuai dengan rancangan sistem sebagai pengoptimalan pendapatan parkir. Maka dari itu, pihaknya ke depan akan mengarah parkir berbasis IT. “Saya harap ke depan perpakiran berbasis IT di Denpasar bisa diterima oleh masyarakat. Apalagi ditempatkan pada area wisata, sudah jelas menimbulkan kenyamanan wisatawan yang berkunjung. Sebab parkir berbasis IT sudah pasti menimbulkan kenyamanan, kepastian mendapatkan parkir, kepastian sistem dan tata kelola yang jelas, dan sudah pasti dengan adanya IT sistem parkir bisa meminimalisir kebocoran pendapatan,” tegasnya.

12th#ik-1/8/20220

Untuk persiapan parkir di kawasan Mertasari, Putrawan terlebih dahulu akan melakukan uji petik untuk mengukur kepadatan parkir baik di hari libur maupun hari kerja dengan mengukur pada waktu pagi, siang, sore, baik itu untuk motor, mobil dan bus, yang nantinya akan terlihat hasil estimasi pendapatan parkir. “Kalau bicara pendapatan yang akan diraih, kita harus lakukan uji petik dahulu, dan nantinya realiasasi parkir kawasan Mertasari akan dilakukan pada sebelum Desember 2022. Dan saat ini lami juga sedang melakukan pendekatan kepada para pihak. Sebab di wilayah sana ada lahan kepemilikan di mana lahan Pemkot Denpasar 2 hektar, ada lahan griya, dan lahan PUPR. Jadi kami perlu mensosialisasikan ke semua pihak akan kehadiran kita, dengan parkir bersistem, dan pastinya untuk meningkatkan PAD Kota Denpasar itu sendiri,” tutupnya. tra/ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close