Olahraga dan Pendidikan

Siap Bertransformasi PTNBH, Unud Masuk Kelompok Perguruan Tinggi Unggul


Badung, PancarPOS | Rektor Universitas Udayana (Unud), Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., tancap gas untuk menargetkan Unud segera berstatus PTNBH untuk menjadi world class university. Prof. Antara menyampaikan hal itu, saat membuka Workshop “Menyatukan Aspek Jurnalistik untuk Publikasi” Dalam Rangka Transformasi PTNBH Menuju Internasionalisasi Universitas Udayana di Jimbaran Bay, Desa Kedongan, Badung, Selasa (18/10/2022). Selaku salah satu narasumber workshop, terkait Transformasi Universitas Udayana Menuju PTNBN oleh Ketua Tim Persiapan PTNBN Unud, Prof. Ir. Nyoman Semadi Antara, MP., Ph.D., menegaskan langkah Unud untuk bertransformasi dari PTN dengan status Badan Layanan Umum (BLU) menuju PTN BH sebenarnya hanya tinggal selangkah lagi. Namun perlu pembinaan yang sangat progresif.

1th#ik-14/8/2022

Selain itu, perlu dukungan semua pihak dengan sinergi untuk memajukan Unud dengan sistem informasi yang mumpuni, meskipun saat ini sudah berjalan sangat baik. “Karena itu, perlu digenjot lagi Prodi maupun fakultas yang belum memenuhi indikator utama,” katanya. Ditegaskan lagi, Unud telah bertransformasi ke arah yang lebih baik menuju berstatus PTNBH. Apalagi Unud masuk kelompok perguruan tinggi yang unggul. Namun ke depan juga harus mandiri dan berbudaya. Hal itu, juga menjadi pertanyaan yang harus dijawab dengan berani melakukan berubahan yang lebih baik. Untuk itu, Unud telah membentuk tim kecil untuk melakukan kajian untuk memenuhi persyaratan PTNBLU menjadi PTNBH.

Diketahui, PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum) merupakan level tertinggi karena memiliki otonomi penuh dalam mengelola keuangan dan sumber daya, termasuk dosen dan tendik. PTN jenis ini beroperasi mirip dengan perusahaan perusahaan BUMN. Sementara itu, PTNBLU (PTN Badan Layanan Umum) merupakan institusi dengan level kedua dalam hal otonomi. Pengelolaan institusi ini mirip dengan rumah sakit milik negara. Seluruh penerimaan non pajak dikelola secara otonomi dan dilakukan pelaporan ke negara. Sedangkan PTN Satker adalah PTN sebagai satuan kerja kementerian. Seluruh pendapatannya, termasuk SPP mahasiswa harus masuk ke rekening negara (kementerian keuangan) terlebih dahulu sebelum digunakan.

1th#ik-6/10/2022

Unud bertransformasi menjadi PTNBH, dikatakan harus memenuhi beberapa persyaratan, yakni wajib menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bermutu, mengelola organisasi PTN berdasarkan prinsip tata kelola yang baik, memenuhi standar minimum kelayakan finansial, serta menjalankan tanggungjawab sosial dan berperan dalam pembangunan perekonomian. “Ke depan harus agresif lagi menyiapkan infrastruktur sebagai tanggungjawab kepada masyarakat. Karena itu, Unud lebih berpeluang menjadi PTNBH, sehingga bisa menjadi world class university,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Universitas Udayana sebagai satu-satu perguruan tinggi negeri (PTN) kebanggaan masyarakat Bali akan terus melakukan yang terbaik, agar tidak menjadi perguruan tinggi yang hanya numpang lewat. Hal itu dipertegas kembali oleh Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., sehingga memiliki target berstatus PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum), karena dianggap belum sebagai perguruan tinggi di Indonesia. “Sangat jauh sekali. Coba disearch di Asia. Jangan di dunia, di peringkat berapakah, jika dibandingkan universitas, seperti di Malaysia, Singapura, atau Thailand? Sehingga nantinya kita harus punya kampus kelas dunia, karena Unud hanya PTNBLU (Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum, red) dan belum PTNBH,” bebernya.

1bl#ik-21/7/2021

Prof. Antara menyampaikan hal itu, saat membuka Workshop “Menyatukan Aspek Jurnalistik untuk Publikasi” Dalam Rangka Transformasi PTNBH Menuju Internasionalisasi Universitas Udayana di Jimbaran Bay, Desa Kedongan, Badung, Selasa (18/10/2022). Ia berharap Unud jangan begini-begini saja dan harus menjadi yang terbaik. Karena itu, Unud harus PTNBH untuk menjadi world class university. “Maka dari itu kita berharap agar Unud menjadi PTNBH dan bentuk tim yang sudah bekerja. Targetnya tidak perlu berlama-lama agar bisa PTNBH agar bisa menjadi kampus otonomi, penggunaan aset dan tata kelola keuangan, agar Unud tidak ketinggalan. Tidak ada pilihan harus menjadi PTBNH untuk meningkatkan kualitas kepada masyarakat,” tegasnya.

Dikatakan, PTNBH yang diatur dalam RUU Sisdiknas nantinya pada tahun 2024 agar semua perguruan tinggi harus PTNBH. Jika tidak PTNBH, maka perguruan tinggi itu akan hilang atau menjadi cabang perguruan lain terdekat yang sudah PTNBH. Maka itu, diharapkan harus bergerak jika tidak ingin jadi perguruan tinggi cabang lainnya sebelum RUU Sisdiknas diketok palu, karena tahun depan paling lambat PP akan ke luar. “Untuk itu, kita harus semua benahi, infrastruktur diperbaiki di Unud untuk persiapan, agar Unud menjadi yang terbaik tidak saja di Indonesia, tapi juga di dunia. Terima kasih melakukan workshop ini, salah satunya untuk menjadikan Unud BTNBH ke depan. Laporan jurnalistik harus bisa dipertanggungjawabkan dan berkualitas,” tandasnya. ama/ksm

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button