Olahraga dan Pendidikan

Pelatihan Budidaya Kelautan FKP Unud, Siapkan Lulusan Jadi Pengusaha


Badung, PancarPOS | Pada era industry 4.0 sekarang ini, mahasiswa dituntut untuk memiliki banyak keahlian dalam menghadapi tantangan kedepan demi memperoleh pekerjaan ataupun pendapatan yang layak. Menyiasati hal tersebut, Program Studi Ilmu Kelautan (IKL), Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Unud mengadakan pelatihan (training) mariculture (budidaya) pada bidang kelautan bagi mahasiswa di Ruang Perpustakaan lantai 3, Universitas Udayana pada hari Senin, 10 Oktober 2022. Pelatihan ini merupakan bagian dan lanjutan dari aktivitas Udayana Marine Sciences Capacity Building, sebuah program yang diusulkan Prodi IKL di tingkat nasional dan dinyatakan layak didanai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Narasumber yang diundang berasal dari Yayasan LINI Aquaculture and Training Centre (LATC), yang diwakili Gayatri Reksodiharjo, Ryannika Dwi Astuti, dan Yunaldi sebagai pemateri. Sedangkan narasumber internal yang diundang adalah dosen dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), yang memiliki keahlian di bidang budidaya rumput laut, Ayu Putu Wiweka, S.St.Pi., M.P. Acara tersebut dibuka Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si. Dalam sambutannya, Dekan FKP Unud menyampaikan bahwa keberhasilan institusi dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi salah satunya adalah lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan melalui dunia usaha, dalam hal ini adalah pada bidang kelautan.

“Melalui acara ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami bahwa potensi kelautan dalam aspek budidaya sangatlah potensial, maka dengan narasumber yang dihadirkan, FKP Unud berkeyakinan dapat membentuk dan menumbuhkan minat serta keahlian untuk menjadi generasi tangguh dalam menciptakan pengusaha-pengusaha muda yang bergerak di bidang budidaya kelautan dan perikanan,” jelas Dekan FKP Unud.

Adapun materi yang disampaikan adalah seputar budidaya karang, ikan hias, dan rumput laut yang memang memiliki potensi tinggi dari segi ekonomi. Acara yang dihadiri 86 orang mahasiswa dan dosen di FKP Unud tersebut berjalan dengan antusiasme yang tinggi. Hal itu terlihat dari niatan dan keingintahuan mahasiswa untuk mengulik lebih dalam tentang dunia usaha kelautan saat sesi tanya jawab.

Dengan terlaksananya acara tersebut, FKP Unud melalui Prodi Ilmu Kelautan berharap mampu menciptakan lulusan yang berminat menjadi pengusaha muda, terutama pada bidang budidaya kelautan dan perikanan.

Sumber: http://www.unud.ac.id

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button