Daerah

Kondisi Makin Kritis, Jarum Stok Oksigen RSUD Tabanan Nyaris di Angka Nol


Tabanan, PancarPOS | Berbeda dengan pernyataan Kepala Devisi Pelayanan Medis Rumah Sakit Kasih Ibu, dr. Kadek Dwi Widhyari yang menegaskan stok oksigen cukup, RS Umum Daerah Tabanan justru mengaku was-was karena dalam kondisi kritis dengan jarum stok oksigen nyaring di angka nol. Dalam kondisi Bed Occupancy Rate (BOR) atau kapasitas tempat tidur RSUD Tabanan terisi 57 dari 78 bed, Direktur Utama Badan Rumah Sakit Umum Daerah (BRSUD) Kabupaten Tabanan, dr. Nyoman Susila dihubungi Sabtu (17/7/2021) pukul 14.50 mengaku sedang menunggu kiriman oksigen dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

1bl-bn#7/1/2020

“Pasien Covid-19 saat ini ada 57 dari 78 bed yang tersedia. Stok oksigen tipis. Semoga segera datang. 2 jam lalu sudah sampai Cekik, Negara. Kami masih bertahan dengan tabung-tabung cadangan. Mestinya sudah masuk Tabanan sekarang. Semoga tak ada halangan di jalan,” ungkap dr. Nyoman Susila menjawab pertanyaan awak media dengan sangat ramah. Dalam upaya mendatangkan tambahan oksigen dari Banyuwangi, dr. Nyoman Susila menyebut RSUD Tabanan dibantu oleh Satgas Oksigen Provinsi Bali. “Kami sih mohon 3 ton. Biasanya stok yang ada dibagi dengan RS lain. Supaya semua kebagian. Request maksimal untuk 2 hari. Kira-kira 3 ton untuk 2 hari,” ungkapnya menjelaskan estimasi penggunaan oksigen tersebut.

Menyikapi kondisi penularan SARS-CoV-2 yang kian masih bahkan menembus rekor harian sebanyak 1.019 kasus pada Sabtu (17/7/2021) sesuai laporan Satuan Tugas Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Provinsi Bali, dr. Nyoman Susila mengajak masyarakat Bali, khususnya Tabanan untuk lebih aware atau sadar menjaga kesehatan dan tetap disiplin menaati protokol kesehatan. “Kepada masyarakat mohon jalankan protokol kesehatan dengan baik. Beban sektor kesehatan sangat luar biasa. Kasus banyak, karyawan banyak terpapar, produksi oksigen tidak mampu mengimbangi peningkatan kasus. Kalau sektor kesehatan kolaps, maka kita semua akan rugi,” tegasnya.

1bl#bn-13/7/2021

Diberitakan sebelumnya, redaksi menerima informasi mengenai kondisi stok oksigen yang kritis di RS Kasih Ibu Denpasar. “Selamat siang, kami dari RS Kasih Ibu Denpasar mohon dibantu oksigen. Tabung kami tinggal 1 tabung sedangkan BOR kami 100%. Mohon dibantu,” demikian tertera dalam pesan Whatsapp yang diperoleh media ini. Namun, informasi tersebut dibantah Kepala Divisi Pelayanan Medis Rumah Sakit Kasih Ibu, dr. Kadek Dwi Widhyari dan menegaskan memiliki persediaan oksigen yang cukup. ija/ama

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close