Daerah

Peringati Hari Infanteri ke-72, Rindam IX/Udayana Gelar Karya Bakti dan Kali Bersih


Tabanan, PancaraPOS | Memperingati HUT Infanteri yang ke-72, Rindam IX/Udayana menggelar Karya Bakti membersihkan lingkungan di sekitar Mako Rindam dan membersihkan kali dari sampah agar terhindar dari bencana banjir, Rabu (16/12/2020). Karya Bakti tersebut langsung dipimpin oleh Komadan Rindam IX/Udayana, Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes, SE. Karya Bakti TNI Rindam IX/Udayana ini bekerjasama dengan masyarakat sekitar dan juga dibantu oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Tabanan dan juga dari Polri. Bersih-bersih lingkungan dilakukan di sekitar rumah dinas Ridam IX/Udayana menuju lapangan tembak Rindam IX/Udayana dan pmbersihan kali yang ada disekitar Mako Rindam IX/Udayana.

1bl#ik-26/11/2020

Pada kesempatan tersebut Komandan Rindam IX/Udayana, Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes menjelaskan, peringatan Hari Infanteri yang jatuh pada tanggal 19 Desember, merupakan suatu tradisi bagi prajurit Korps Infanteri untuk mengenang kembali peristiwa bersejarah yang terjadi di Kota Ambarawa 72 tahun silam, yang dikenal dengan Palagan Ambarawa. Namun karena tahun ini ada pandemi Covid-19, maka ada beberapa tradisi peringatan Hari Infanteri tidak dilakukan seperi Upacara dan Peleton Beranting yang berjalan tiga hari tiga malam ditiadakan dan dialihkan ke kegiatan Karya Bakti.

“Kegiatan hari ini dalam rangka merayakan hari Ulang Tahun infanteri. Namun karena adanya covid-19 ada beberapa kegiatan yang ditiadakan, seperti Upacara dan tradisi Peleton Beranting jalan tiga hari tiga malam ditiadakan. Dan tardisi itu dialihkan ke karya bakti, yaitu bersih-bersih lingkungan dan revitalasi sungai, karena kita ketahui saat musim hujan sangat rentan, kalau aliaran sungai tersembut maka akan berdampak pada masyarakat, ini perioritas yang kita lakukan,” jelas Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes.

1bl#bn-5/11/2020

Pada kesempatan itu, Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, terutama kebersihan kali atau sungai. Dimana masyarakat dihimbau agar tidak membuang sampah ke sungai, apalagi kondisi musim hujan seperti saat ini, kalau sungai tersumbat karena sampah maka akan menyebabkan banjir dan ujung-ujungnya berdampak ke masyarakat sendiri. “Saat ini kita harus sadar, sadar kebersihan lingkungan. Jangan lagi ada yang membuang sampah ke sungai. Saat ini sampah dimana-mana, bahkan kemarin tembok Rindam sampai jebol, karena sungai tersumbat sampah karena besarnya volume menjebol tembok Rindam. Kita disini tidak ingin Bapak-bapak pelatih yang hebat-hebat ini rumahnya terendam banjir,” tegasnya.

Peringatan hari Infanteri yang jatuh pada tanggal 19 Desember juga berbarengan dengan HUT Rindam IX/Udayana, tidak hanya menggelar Karya Bakti di sekitar Mako Rindam IX/Udayana, namun Karya Bakti juga dilakukan di Taman Makan Pujaan Bangsa Margarana Tabanan. Selain itu juga digelar donor darah dan bedah rumah. Dimana ada dua rumah warga yang dibedah, yang pertama rumah men mandiri, alamat Payangan Tengah, Kecamatan Marga, Tabanan. Dimana yang akan diperbaiki yaitu atap, lantai dan pintu. Sedangkan rumah yang kedua milik I Wayan Sukada, Banjar Beringkit, Desa Beringkit, kecamatan Marga, Tabanan. Perbaiakan yang akan dilakukan yaitu rabat tembok dan rabat lantai. Selain itu dalam memperingati hari Infanteri dan Hut Rindam IX/Udayana juga akan dilakukan sunatan massal. gga/ama

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close