Ekonomi dan Bisnis

Karya Lukisan “Satu Jalur” Dr. Bagus Membuka Pameran Lukisan Perupa Binaan Bank BPD Bali


Denpasar, PancarPOS | Sederet lukisan para tokoh ternama di kancah nasional dan pejabat teras atas di Bali hasil goresan karya terbaik Maestro dr. Gede Bagus Darmayasa, M. Repro yang akrab disapa Dokter Bagus, kini mulai dipajang sebagai galeri Pameran Lukisan Perupa Binaan Bank BPD Bali. Di antara 18 lukisan tersebut, selain tokoh Proklamator Soekarno-Hatta, juga berderet lukisan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) bersama Istri Gubernur Bali Ny. Putri Suastini Koster beserta para bupati dan walikota “Satu Jalur” sebagai lukisan pembuka pameran di Kantor Bank BPD Bali Cabang Renon yang dimulai pada Senin (13/9/2021). Pemeran dibuka secara simbolis oleh Dirut Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma, SH., MH., bersama Dokter Bagus dengan membuka tirai pameran lukisan, disaksikan Direksi dan Komisaris serta jajaran Bank BPD Bali bersama Sekretaris Disperindag Provinsi Bali, dan Owner Balimall.id beserta undangan lainnya. Dari sekian lukisan yang digarap dengan waktu beberapa minggu oleh Dokter Bagus yang paling berkesan di antaranya lukisan tokoh pendiri Bank BPD Bali Made Jiwa ikut menghiasi galeri lukisan ini.

Insert foto: dr. Gede Bagus Darmayasa, M. Repro. bersama Komisari Non Independen Bank BPD Bali Ni Made Dewi Suryani, S.E., Ak., M.Ak., CA., dengan lukisan pendidi Bank BPD Bali Made Jiwa.

Tak berlangsung lama, setelah pameran dibuka semua lukisan hampir ludes terjual, salah satunya lukisan Bapak Pendiri Bangsa Bung Karno menjadi target lama incaran Dirut Bank BPD Bali, Nyoman Sudharma. “Harus dihargai yang namanya proklamasi. Saya beli satu paket, karena saya lihat lukisan ini, karena yang foto sudah biasa. Karena tokoh proklamator yang jiwa nasionalismenya sampai hayat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” beber direksi bank asal Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung ini, seraya mengatakan setiap lukisan akan diganti setiap dua minggu sekali dengan karya maestro lainya. Tujuan pameran kali ini untuk membantu pemulihan ekonomi nasional pemerintah di masa pandemi Covid-19, melalui aktifitas untuk mengoptimalkam kegiatan ekonomi yang terus menggeliat khususnya di Bali. Di sisi lain, lukisan sebagai ekonomi kreatif yang sedang dikembangkan pemerintah pusat, karena termasuk salah satu upaya menumbuhkan ekonomi. Apalagi ekonomi Bali kini juga mulai bertumpu usaha ekonomi kreatif. Bahkan sebelumnya, pameran lukisan virtual Bank BPD Bali bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Bali dan Balimall.id yang dibuka dari 7 sampai 21 Juni 2021 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali Art Center, Denpasar berjalan sukses menampilkan 80 lukisan dari 53 perupa di Bali.

1bl#il-10/9/2021

“Kerjasama Deskranasda Bali dan Balimall.id ini, sudah mengawali pameran lukisan di galery virtual dengan penjualan hingga Rp257 juta hingga penutupan. Sehingga ada usulan agar dipajang lukisan di kantor Bank BPD Bali, agar jika ada tamu dan nasabah yang tertarik bisa membeli lukisannya. Karena itu, lukisan dari Dr. Bagus dibuka dengan merchant QRIS untuk pembayaran non tunai di masa pandemi,” katanya, sembari berharap pameran ini bisa menjadi kegiatan ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan di Bali, karena bisa menjadi fungsi ekonomi yang bisa dibantu Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BPD Bali. “Ekonomi kreafif Bali, agar bisa berkembang dan menjadi icon di luar pariwisata, sehingga BPD Bali juga menempatkan galeri pameran lukisan, seperti galeri UMKM, agar kita ada ruang khusus menempatkan lukisan para perupa Bali binaan Bank BPD Bali. Karena banyak nasabah atau tamu yang diajak melihat galeri UMKM bisa belanja langsung. Nah dengan adanya galeri lukisan ini bisa juga menarik nasabah untuk membeli lukisan,” tegasnya sekaligus mengharapkan ekonomi Bali bisa cepat pulih melalui kegiatan untuk membangun UMKM, salah satunya seni rupa sebagai salah satu dari 16 sub sektor ekonomi kreatif. “Mudah-mudahan ini menjadi salah satu unggulan ekonomi kreatif di Bali. Apalagi dengan adanya Pusat Kebudayaan Bali nanti masing-masing pelukis dan pelaku seni lainnya dibuatkan tempat khusus untuk memajang kreasi dan hasil karya terbaiknya,” pungkas Sudharma.

Insert foto: Direktur Kredit Bank BPD Bali I Made Lestara bersama Komisari Non Independen Bank BPD Bali Ni Made Dewi Suryani, S.E., Ak., M.Ak., CA., dengan lukisan pendidi Bank BPD Bali Made Jiwa.

Galeri Lukisan Perupa Binaan Bank BPD Bali yang dibuka secara perdana memajang karya-karya terbaik Dr. Bagus itu, mengucapkan terimakasih kepada BPD Bali terutama Dirut Bank BPD Bali dan Kepala Bank BPD Bali Cabang Renon. “Keseharian saya biasa pagi menggambar, meskipun tidak besar (lukisan, red) karena akan menghabiskan waktu,” papar Direktur Rumah Sakit Puri Raharja ini, seraya mengaku hobi dari kecil melukis. Bahkan, sebenarnya cita-citanya menjadi arsitek, namun keinginan orang tua akhirnya masuk kedokteran. Pernah mengawali karier sebagai Direktur Rumah Sakit Jiwa Bangli, sehingga disana mulai banyak melukis lewat kanvasnya, terutama lukisan tokoh-tokoh dan pejabat regional dan nasional, seperti Bamsoet dan sejumlah jenderal polisi dan militer terkenal. Uniknya, bahkan sebelumnya, juga sempat mengadakan pameran lukisan yang disponsori oleh Bank BPD Bali yang semakin memicu semangatnya berkarya. “Ini pengalaman saya, kalau tokoh-tokoh hampir semua sudah dilukis, termasuk Pak Kapolda Bali. Apalagi saya sempat kena Covid-19, sehingga masuk rumah sakit pas 17 Agustus. Padahal menargetkan harus membuat 76 lukisan dan astungkara bisa lebih dari 76 lukisan,” kenang mantan Direktur Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM) tersebut, dan kembali mengucapkan terimakasih kepada Bank BPD Bali, karena kali ini juga diberikan kesempatan untuk pameran lukisan. “Terimakasih sponsornya selama ini. Mudah-mudahan kegiatan pameran lukisan lainnya juga bisa berlangsung lebih banyak lagi,” pinta Bendesa Pura Goa Lawah, Klungkung ini. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close