Hukum dan Kriminal

Proses Hukum AWK Naik Penyidikan, Team Hukum Nusa Bali Tiga Kali Tahan Demo


Denpasar, PancarPOS | Kelanjutan kasus dugaan penghinaan dan penodaan agama oleh salah satu Anggota DPR RI, Arya Wedakarna alias AWK memasuki babak baru. Ditreskrimum Polda Bali, meningkatkan status terhadap perkara tersebut ke proses penyidikan, terkait dugaan kasus penistaan Agama oleh AWK saat berpidato pada Upacara Piodalan Pura Ciwa Kebon Kanginan, Desa Pandak Gede, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan pada 12 Januari 2017. Hal itu berdasarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor: SP. SIDIK/386 N/2021/DITRESKRIMUM/10 MEI 2021. Saat dikonfirmasi, Ketua Koordinator THNB (Team Hukum Nusa Bali), I Putu Pastika Adnyana, SH., selaku pelapor atas kasus tersebut membenarkan bahwa berdasarkan hasil penyelidikan yang telah dilaksanakan gelar perkara pada Selasa tanggal 30 Maret 2021, menyimpulkan bahwa kepastian hukum terhadap perkara tersebut telah ditingkatkan ke tahap penyidikan dan akan dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

1th#ik-10/5/2021

Selain itu, dikatakan kasus yang menjerat AWK terkait penodaan agama ini sangat kuat, karena telah cukup bukti terkait dugaan penghinaan dan penodaan tersebut. Dijelaskan sejumlah ahli yang diperiksa terdiri dari ahli agama, ahli bahasa indonesia, ahli bahasa sansekerta, ahli hukum pidana dan ahli hukum tata negara. Untuk saksi korban terdiri beberapa orang warga Nusa Penida yang diperiksa. Untuk nama-nama para saksi baik saksi ahli dan korban tidak pihaknya tidak mau menyebutkan untuk menjaga privasi dan menghindari pelanggaran kode etik. “Untuk masalah ini, kami juga memiliki berita acara pesangkepan dari 43 Desa adat yang ditandatangani oleh 43 Bendesa Adat se-Kecamatan Nusa Penida dan 6.558 Kepala Keluarga warga masyarakat se-Kecamatan Nusa Penida yang ditunjukan kepada Bapak Kapolda Bali untuk melengkapi alat bukti yang kami miliki,” tandasnya.

1bl#ik-11/5/2021

Disebutkan kepolisian Polda Bali telah mengeluarkan perkembangan hasil penyelidikan dan hasil gelar perkara. Untuk mendapatkan kepastian hukum ditingkatkan ke tahap penyidikan, sesuai dengan SP2HP Nomer; SP. SIDIK/386 N/2021/DITRESKRIMUM/10 MEI 2021.

Bersambung…

1 2 3Laman berikutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close