Politik dan Sosial Budaya

DPD PDI Perjuangan Bali Gelar Lomba Mixology Arak Bali dan Bartender di Taman Soekasada Ujung

Serangkaian Peringatan Bulan Bung Karno V 2023


Karangasem, PancarPOSSerangkaian Bulan Bung Karno V 2023, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Bali menggelar lomba Mixology Arak Bali dan Bartender Playing With Bottle. Kedua kegiatan ini digelar di Taman Soekasada Ujung, Karangasem, Jumat (9/6/2023). Selain dua acara pokok di atas, para peserta dihibur dengan Genjek Kadung Iseng dari Desa Seraya dengan penari jogetnya. Sejumlah kader PDI Perjuangan baik dari unsur DPD Bali maupun DPC kabupaten/kota se-Bali pun ngibing mengikuti gemulai sang penari di bawah iringan gamelan serta lagu-lagu yang dibawakan sekeha genjek.

Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster bersama ketua DPC PDI Perjuangan kabupaten/kota se-Bali dan ratusan kader menghadiri Lomba Mixology Arak Bali di Taman Soekasada Ujung Karangasem, Jumat (9/6/2023). (foto: ist)

Hadir pada acara ini, Ketua DPD PDI Perjuangan Bali Wayan Koster beserta anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Bali seperti Dewa Mahayadnya, Tjok. Gede Agung, dan yang lainnya. Ketua DPC yang hadir di antaranya Ketua DPC PDI Perjuangan Badung Nyoman Giri Prasta beserta seluruh anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Badung, Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem Gede Dana beserta anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Karangasem. Demikian juga ketua DPC kabupaten/kota lainnya beserta anggota fraksi di DPRD masing-masing. Hadir juga Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI seperti Nyoman Partha dan Ketut Kariyasa Adnyana beserta ratusan kader-kader partai mocong putih di Bali.

Lomba Mixology Arak Bali yang mengambil tema “Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya, Memantapkan Implementasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali” itu diikuti oleh 9 peserta masing-masing utusan dari kabupaten/kota di Bali. Kesembilan peserta tersebut adalah I Wayan Kawayasa wakil Karangasem, I Kadek Dwi Jaya Saputra wakil Gianyar, I Gede Putu Tmmy Hita Prama wakil Tabanan, Gede Krisna wakil Badung, Ketut Pancer Giri wakil Buleleng, I Gede Bala Putra wakil Klungkung, I Kadek Adi Mertana Yasa wakil Denpasar, I Wayan Edi Setiawan wakil Bangli dan Bintang Mikha wakil Kabupaten Jembrana.

Satu per satu peserta mixology arak Bali memperlihatkan keahliannya dalam meracik arak Bali dengan bahan-bahan lainnya sehingga menjadi minuman yang bernilai tinggi. Selanjutnya, ramuan hasil pencampuran arak dan bahan lainnya diharapkan bisa disajikan untuk dunia pariwisata Bali. Demikian juga untuk Lomba Bartender Playing With Bottle. Tercatat 9 peserta juga menampilkan kelihaiannya meracik minuman arak dengan berbagai atraksi yang dikuasainya.

Ketua Panitia Ketut Darmayasa mengucapkan terima kasih kepada PDI Perjuangan Bali yang mau menggandeng asosiasi profesional untuk mngembangkan budaya leluhur. Arak Bali salah satunya merupakan produk yang turun-temurun sehingga perlu dilestarikan. Dia menunjuk data saat ini jumlah perajin arak tercatat 1.486 orang. Tenaga kerja yang bergelut di bidang arak mencapai 4.458 orang. “Dengan adanya Pergub No. 1 tahun 2022, produksi arak baik hasil fermentasi dan atau destilasi tak lagi diproduksi secara sembunyi-sembunyi. Kini sudah payung hukum yang jelas dan saat ini ada 32 merek arak dijual secara legal,” tegasnya.

Terkait dengan lomba Mixology Arak Bali ini, pihaknya akan menentukan tiga pemenang yakni juara 1 berhak atas hadiah uang tunai Rp10 juta, juara 2 berhak atas hadiah uang tunai Rp8,5 juta dan juara 3 berhak atas hadiah uang tunai Rp7,5 juta. Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Karangasem Gede Dana mengucapkan terima kasih karena diberi kesempatan menjadi tuan rumah Lomba Mixology Arak Bali. Bupati Karangasem tersebut juga menyebut tenaga kerja yang bergelut di bidang arak mencapai ribuan orang. “Kegiatan ini dipastikan akan memberikan nilai tambah bagi produk arak Bali,” tegasnya. tim/ama/ksm

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button