Nasional

Sekar Nadi PPI Bali Lahirkan Generasi Berkarakter Emas Ramah Keluarga

Kurangi Kenakalan Remaja, Pernikahan Dini dan Perceraian Anak


Gianyar, PancarPOS | DPD Perempuan Pemimpin Indonesia (PPI) Bali menggelar Sekolah Karakter Calon Ayah dan Ibu (Sekar Nadi) untuk melahirkan generasi emas yang ramah keluarga. Dalam mewujudkan generasi berencana yang berkarakter, perempuan berdaya dan mandiri, dan keluarga jagadhita. Untuk pengembangan Desa Wisata Kenderan Tegallalang, Gianyar memiliki daya tarik akan budaya spiritual. Upaya itu dalam mewujudkan Desa Wisata Ramah Keluarga Bersinar “Sinergi untuk Energi Pang Pade Payu (SIP3)”.

1th#ik-16/4/2021

Bahkan, telah dilaksanakan penandatanganan kerjasama (MoU) Bersama Membina Desa Kenderan sebagai “Desa Wisata Ramah Keluarga Bersinar”. Dengan melibatkan Perguruan Tinggi Swasta se-Bali, Koperasi Perempuan Ramah Keluarga (KPRK) Bali, Yayasan Bali Tresna Sujati. Hal itu disampaikan Ketua DPD PPI Bali Dr. A.A.A. Ngr. Tini Rusmini Gorda, SH.,MM.,MH, kepada awak media di Gianyar, Minggu (9/5/2021). Tini Gorda selaku Ketua Koordinator mengatakan, konsep binaan Sekar Nadi dapat berkelanjutan sehingga mengurangi adanya kenakalan remaja, pernikahan dini, perceraian anak.

“Kami ingin Desa Wisata Ramah Keluarga Bersinar Desa Kenderan, masyarakat disana mampu menyelamat anak-anak dari hal negatif dan menyiapkan calon ayah dan ibu untuk melahirkan anak suputra,” Tini Gorda. Pendidikan itu dapat menjadi catatan khusus bagi lembaga umat menjelang pra nikah. Ia mengharapkan lembaga umat Hindu melaksanakan pendidikan pra nikah seperti umat lain, langkah itu dalam memantapkan jelang memasuki kehidupan rumah. Anak SMP diberikan pertemuan 12 kali dan SMA sebanyak 14 kali pertemuan dengan melibatkan instruktur dari GTS Institut Bali, APHI Bali, PPI Bali, SIP3, ITEKES Bali, ITB STIKOM Bali ARTIPENA Bali.

1th-ksm#5/2/2021

Sedangkan kurikulum yang diberikan sejalan dengan program pemerintah sesuai dengan kebutuhan kekinian. Sementara itu, Bendahara Dra Anak Agung Rai Tirtawati M.Si menambahkan, Sekar Nadi itu sebagai program unggulan PPI Bali. “Program ini sebagai bentuk kepedulian kepada generasi muda menuju generasi emas Indonesia 2045 sebagai calon ayah dan ibu yang berkarakter,” ujarnya. Mataeri disampikn test kepribadian .Sangat penting anak anak dengan karakter potensi secar karkter memahami pelajari berinteraksi sosial sehingga menerima pelajaran GTS jujur dan percaya

Instruktur GTS Institut Bali Sad Yuli Prihartati S.Psi.Psikolog memberikan tes psikologi untuk mengetahui minat dan bakat anak-anak Desa Kenderan.Tes itu diberikan sebelum diberikan materi-matari lainnya dalam pembelajaran Sekar Nadi. Prebekel Desa Kenderan I Dewa Gede Jaya Kesuma menyambut baik acara itu, diharapkan dapat memberikan bekal kepada generasi muda. Upaya itu mencegah anak – anak desa terjerumus kenakalan remaja baik Narkoba, pernikahan dini yang bisa mengancam masa depan mereka. Selama ini, pihaknya tetap mendorong anak muda desa aktif dalam berbagai kegiatan positif termasuk mewadahi dalam Karang Taruna. aya/ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close