Daerah

Pulang Kampung ke Banjar Peken, Bupati Giri Prasta Motivasi ST Bhuana Kusuma


Badung, PancarPOS | Dengan menghadiri perayaan HUT Sekaa Teruna (ST) secara langsung di Banjar-banjar yang ada di wilayah Kabupaten Badung, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta ingin mengajak anggota ST mengambil peran sebagai agen perubahan/pembangunan, kontrol sosial, dan sumber kekuatan wilayah, bahkan menjadi sumber kekuatan sosial ekonomi daerah dan bangsa.

“Melalui kolaborasi dan persatuan dengan semua pilar yang ada di tengah masyarakat Sekaa Teruna sebagai agen perubahan dapat berkiprah lebih serius dalam menguatkan karakter pemuda sebagai pengemban misi dalam mengimplementasikan konsep Tri Hita Karana sekaligus meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan wilayah daerah dan bangsa,” tegas Bupati Giri Prasta saat menghadiri puncak perayaan HUT Ke-67 ST Bhuana Kusuma Banjar Peken Desa Adat Bualu Kelurahan Benoa Kuta Selatan, Sabtu (7/1/2023). Pada kesempatan itu Bupati turut menyerahkan dana motivasi dan kreatifitas sebesar Rp 45 juta kepada ST Bhuana Kusuma.

Turut hadir jajaran anggota DPRD Badung Made Reta, Nyoman Karyana, Wayan Luwir Wiana dan Wayan Loka Astika, anggota DPRD Provinsi Bali Ketut Tama Tenaya dan Wayan Rawan Atmaja, Camat Kuta Selatan, Lurah Benoa, Bendesa Bualu serta Made Sudarsa tokoh masyarakat Br Peken Bualu.

Guna mencapai tujuan tersebut, Bupati Giri Prasta menyebut bahwa pihaknya bersama jajaran Pemkab Badung berkomitmen penuh dalam memberdayakan anggota ST melalui pengembangan berbagai program kerja yang berdimensi pada kemandirian ekonomi dan mendukung tumbuhnya kondusifitas wilayah bagi berkembangnya kreativitas dan kepeloporan kepemudaan dalam membangun masyarakat. “Di era disrupsi teknologi saat ini anggota Sekaa Teruna juga harus mampu menghadapi tantangan dan  memanfaatkan setiap peluang dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, transformasi digital, tidak berhenti untuk berinovasi. Namun harus tetap teguh memegang dan melestarikan akar budaya lokal,” ujarnya.

Ketua ST Bhuana Kusuma Made Risky didampingi Mita selaku Ketua panitia HUT Ke-67 ST Bhuana Kusuma Banjar Peken Bualu melaporkan perayaan HUT ST Bhuana Kusuma tahun ini dirangkaikan dengan beberapa kegiatan seperti pasraman kilat membuat sarana upacara, dharma yatra mereresik di pura, maupun perlombaan lainnya dalam rangka mengeratkan jalinan kekeluargaan anggota ST. “Semua kegiatan itu tidak bisa berjalan tanpa dukungan dari anggota, pemerintah dana Bapak Bupati Badung, untuk itu kami berkomitmen akan selalu bersinergi dengan pemerintah dalam melakukan kegiatan positif kedepannya,” ucapnya.

Sementara itu, Bendesa Adat Bualu, I Wayan Mudita mengucapkan terimakasih kepada Bupati Giri Prasta karena telah memberikan ACC rencana pembangunan pasar desa adat bualu agar lebih representatif guna mendukung industri pariwisata di kelurahan Benoa. Disampaikan pula untuk mendukung pariwisata bersih bebas bau pihaknya juga telah mengajukan pembangunan TPS3R kepada Pemkab Badung. “Kami Desa Adat Bualu selalu minta back up penuh dari Bupati dalam mensukseskan program desa adat bualu di segala bidang,” katanya. mas/ama/*

Baca Juga :

One Comment

Tinggalkan Balasan


Back to top button