Ekonomi dan Bisnis

HUT ke-35 LPD Talepud, Ajak Krama “Bersama Membangun Desa”


Gianyar, PancarPOS | LPD Talepud di Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, pada Sabtu sore (6/4/2024), merayakan puncak HUT ke-35 secara sederhana, namun penuh makna yang ditandai dengan pemotongan tumpeng. Perayaan hari jadi tahun ini, juga disemarakan dengan kegiatan jalan sehat bersama ratusan krama Desa Adat Talepud yang memadati Pasar Adat Talepud. Jalan sehat HUT ke-35 LPD Desa Adat Talepud mengajak seluruh krama berjalan sejauh 5 kilometer yang diawali dengan melepas bersama 35 ekor burung merpati. Usai jalan santai, dilanjutkan dengan para lansia yang tergabung dalam Lansia Werda Nangun Kerthi dengan penuh semangat melakukan senam lansia bersama, serta penarikan undian doorprize, berupa 35 paket yadnya, 35 paket Sembako, 35 voucher belanja, dan 35 paket rumah tangga.

Kepala LPD Talepud, Drs. I Nyoman Cendikiawan, saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Kepala Bank BPD Bali Cabang Ubud, Anak Agung Bagus Dharma Putra, SE., MM. (foto: ama)

Pada kesempatan itu, Kepala LPD Talepud, Drs. I Nyoman Cendikiawan, bersama Kepala Bank BPD Bali Cabang Ubud, Anak Agung Bagus Dharma Putra, SE., MM., memberikan sambutan singkat, terkait LPD Talepud yang mulai berdiri sejak 6 April 1989 itu, hanya bermodal awal Rp2,5 juta. Namun, ketika kini sudah menginjak usia ke-35 tahun sudah memiliki aset yang mencapai Rp85 miliar. Nilai aset tersebut berkat adanya dukungan seluruh krama Desa Adat Talepud, sesuai dengan mottonya LPD Talepud, yakni “Bersama Membangun Desa”. Maka dari itu, LPD Talepud terus berkomitmen membagikan keuntungan sebesar 20 persen untuk pembangunan di Desa Adat Talepud, dan 5 persen diberikan untuk penggunaan dana kegiatan sosial. Hal ini, sebagai bukti dari kiprah LPD Talepud untuk tetap menjaga eksistensi seni adat dan budaya di lingkungan setempat.

“Hadirnya kita (LPD Talepud, red) adalah untuk menguatkan desa adat dan budaya, sehingga kita terus berfinancial kepada desa adat. Kita memerlukan dukungan moral desa adat sangat penting,” ungkapnya, seraya menambahkan, sesuai rencana kerja tahun 2024, pada Triwulan I diakuinya masih sedikit, tetapi pihaknya masih sangat optimis, karena dilihat dari dukungan masyarakat yang sangat antusias. “Kalau bicara target kita pasti optmis, dan di tahun depan kita pastikan target lebih besar dari tahun ini. Dan kita juga melihat situasi kondisi yang berjalan, dan laba bukan menjadi tolak ukur, tetapi banyak komponen terutama pada komponen sosial yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat setempat,” ujarnya.

1th#ik-072.21/8/2023

Sementara itu, Kelian Adat Pujung Kaja, I Wayan Suardila yang juga menjabat sebagai Pengawas LPD Talepud mengaku sangat mengapresiasi kinerja jajaran pengurus LPD Talepud yang kini sudah mempunyai aset hingga mencapai tembus Rp85 miliar. “Saya sangat berterimakasih terhadap jajaran pengurus LPD Desa Adat Talepud pengabdiannya sangat luar biasa. Padahal yang berawal dari 1 meja dan hanya dikoordinir 3 orang, dan sempat dicemooh sebagai pengedar SDSB. Namun seiring berjalannya waktu dari modal Rp2,5 juta kini mempunyai aset Rp85 miliar. Artinya perjuangan mereka para pengurus memang pantas diberikan apresiasi,” ucapnya seraya menambahkan, capaian kinerja tersebut juga berkat adanya dukungan dari seluruh krama Desa Adat Talepud, serta Bank BPD Bali Cabang Ubud.

“Saya sangat merasa bangga akan perkembangan LPD Desa Adat Talepud yang kini sudah digitalisasi dengan memakai produk Bank BPD Bali seperti, IBB (Internet Bangking Busines), e-Chanel dan Merchant QRIS, serta THT untuk mempermudah transaksi para nasabahnya. Dan dana LPD Desa Adat Talepud juga ditaruh di Bank BPD Bali. sehingga saya berharap kepada LPD di Tegalalang untuk menaruh dana di Bank BPD Bali Cabang Ubud,” pungkasnya. Di sisi lain, Suami dari Putu Sutrepti, selaku Owner UD Timur, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya terhadap dukungan LPD Talepud selama ini. Pasalnya dengan adanya bantuan LPD Talepud, pihaknya bisa mengembangkan usahanya. “Suksma LPD Talepud, dan semeton sareng sami aksamayang kirang langkung kaye wak lan manah,” paparnya.

1bl#ik-019.1/4/2024

Perlu diketahui, pada Saniscara Pon, Wuku Pahang, pada 6 April 2024 merupakan hari yang sangat spesial, bagi Kepala LPD Talepud, Drs. I Nyoman Cendikiawan yang juga menjabat Ketua BKS LPD Provinsi Bali selama tiga periode. Ia juga tidak lupa menyampaikan terimakasih kepada relasi mitra kerja, terutama kepada pihak Bank BPD Bali Cabang Ubud, beserta Owner Toko Nyoman, Kediri, Tabanan, Nyoman Suki yang selalu memberikan support selama ini. Selain itu, ia kembali meminta dukungan dari krama Desa Adat Talepud untuk bisa memberikan masukan yang positif untuk memajukan LPD Talepud. tra/ama

Baca Juga :


Back to top button