Daerah

FKP Unud dan Kwansai Gakuin University Jepang Kembali Gelar Summer Science Program


Denpasar, PancarPOS | Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana kembali mengadakan Summer Science Program yang ke 2 tahun 2022 bekerjasama dengan Kwansai Gakuin University, Jepang. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan kerjasama antara KGU dan Unud di bidang pendidikan disamping kegiatan lain seperti exchange students melalui SAKURA Progam serta lanjut studi untuk alumni FKP Unud di KGU. Kegiatan Summer Science Program ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan secara online.   21 peserta turut berpartisipasi dalam kegiatan yang terdiri atas 6 pengajar dan 15 mahasiswa kolaborasi antara Unud dan KGU.  Kegiatan ini berlangsung selama 1 bulan dan dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu, diawali pada 30 Juli 2022 dan berakhir pada tanggal 27 Agustus 2022.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketau Divisi Internasional KGU (Prof. Hiroyuki Toh), dekan KGU (Prof. Shinsuke Fujiwara) , dan dekan FKP Unud (Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si.). Selanjutnya  perkuliahan berlangsung dengan topik menarik diantaranya Marine Biology, Marine Debris, Environmental Remote Sensing, Analytical Technology for Environment Studies (ATES), Amino acid sequence analysis for marine science (AASA), dan Photosynthesis in Marine Science (PMS). Materi  disampaikan oleh beberapa pengajar FKP dan KGU yaitu Prof. I Wayan Arthana, I Gede Hendrawan, PhD., I Wayan Gede Astawa Karang PhD.,  Assoc. Prof. Bibin Bintang Andriana, Prof. Hiroyuki Toh, Prof. Yusuke Matsuda. Grup kecil dibuat dari 15 jumlah peserta menjadi 3 kelompok. Pada setiap akhir penyampaian materi dilakukan sesi diskusi pada setiap kelompok dan dipresentasikan pada akhir kegiatan. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu memperluas wawasan serta pengalaman dalam skala internasional.

Universitas Udayana khususnya Fakultas Kelautan dan Perikanan sangat berharap kerjasama ini dapat berkelanjutan dan memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa,unit fakultas maupun institusi Universitas Udayana. Kolaborasi program antara KGU dan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana diinisiasi sejak tahun 2015. Selain itu KGU telah memberikan kesempatan kepada alumni Fakultas Kelautan dan Perikanan untuk dapat melanjutkan studi melalui berbagai tawaran beasiswa. Sampai saat ini ada 4 alumni FKP yang melanjutkan studi di KGU. jubir unud/*

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close