Politik dan Sosial Budaya

Perhatian Kearifan Lokal, Kesuma Kelakan Bantu Seperangkat Gambelan Selonding


Badung, PancarPOS – Anggota DPR RI Komisi VIII dari Fraksi PDI Perjuangan, IGN Kesuma Kelakan, ST., M.Si menyerahan Bantuan seperangkat Gambelan Selonding kepada Sanggar Gita Sancaya pada Rabu, 4 November 2020 di Banjar Lebah Pangkung, Mengwi, Badung. Bantuan berupa seperangkat Gambelan Selonding yang merupakan program Kementerian Sosial (Kemensos) itu, sebagai wujud perhatian kearifan lokal yang dijembatani oleh Anggota komisi VIII DPR RI diserahkan kepada Sanggar Gita Sancaya pada Rabu (4/11/2020).

1bl#bn-28/8/2020

“Program Kearifan lokal adalah produk (ide, praktik, dan hasil karya) kebudayaan para pemangkunya mengenai lingkungan dan manusia. Dan tujuan dari kearifan lokal ini, adalah untuk memberdayakan dan memperkuat nilai-nilai kearifan lokal demi terpeliharanya kehidupan masyarakat yang damai,” ujar mantan Anggota DPD RI Perwakilan Bali ini. Bantuan kearifan lokal ini, umumnya usulan bantuan penguatan kearifan lokal berasal dari kelompok seni, sanggar, paguyuban, lembaga kesenian kelompok atau lembaga yang dapat mengusulkan harus sudah memiliki kegiatan bidang kearifan lokal.

Pada kesempatan ini, turut hadir mendampingi I Nyoman Satria, selaku Anggota DPRD Kabupaten Badung, dan dari kementrian Sosial yang diwakili oleh Dinas Sosial Provinsi Bali dan para perangkat Desa Mengwi. Sebelumnya, IGN Kesuma Kelakan juga tak mau hanya berdiam diri mendengar aspirasi masyarakat yang membutuhkan uluran tangan. Terbukti mantan Wakil Gubernur Bali itu, datang langsung menyerahian bantuan kepada masyarakat Banjar Semanik, Desa Pelaga, Petang, Badung, Jumat (23/10/2020). Bantuan itu diserahkan dalam rangka untuk pembangunan tembok penyengker di Bale Banjar Semanik.

1bl-bn#5/1/2020

Usai menyerahkan bantuan tersebut, politisi senior PDI Perjuangan tersebut, juga sempat menemui generasi muda di Desa Abiansemal, Badung. Kehadiran IGN Kesuma Kelakan saat itu tanpa tangan hampa, karena juga sempat menyerahkan bantuan motivasi untuk pemuda di Desa Abiansemal. Bantuan yang disalurkan kali ini berupa sejumlah bola volly yang diterima langsung pemuda setempat. Di sela-sela kesibukannya itu, IGN Kesuma Kelakan, juga sempat mengunjungi salah satu masyarakat lansia di Desa Sibang Kaja. Saat kunjungan IGN Kesuma Kelakan itu, juga berbagi kursi roda kepada I Gusti Putu Gateri di Br. Piakan, Desa Sibang Kaja, Abiansemal, Badung. ama/ksm/jmg

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button