Ekonomi dan Bisnis

Kendaraan di Bali Bebas Pajak, Cukup Bayar 2 Kali Gratis Pajak Selanjutnya


Denpasar, PancarPOS | Akibat pertumbuhan ekonomi Bali yang belum bergairah, sekaligus juga membantu beban perekonomian masyarakat Bali, Pemprov Bali melalui Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali memberikan tiga kebijakan besar melalui relaksasi pajak kendaraan bermotor berupa Diskon Pajak, Gartis BBNKB II, serta melakukan pemutihan. Kepala Badan Pendapatan Daerah, I Made Santha menjelaskan, kebijakan relaksasi pajak berdasarkan Pergub No.21 Tahun 2021 tentang pembebasan pokok serta penghapusan sanksi administrasi berupa bunga dan denda terhadap pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor. Diskon pajak yang diberikan kepada WP (Wajib Pajak), dimana WP cukup membayar pajak hanya dua tahun saja, sedangkan pajak tahun ketiga dan seterusnya dibebaskan.

1th#ik-10/5/2021

Selain diskon pajak, pihaknya memberikan Gratis BBNKB II, dimana WP yang ingin melakukan proses Balik Nama Kendaraan, maupun mutasi. Bahkan juga Bapenda juga melakukan pemutihan pembebasan bunga dan denda terhadap pembayaran PKB dan BBNKB II. “Kebijakan ini kami buat karena kondisi ekonomi di Bali yang belum pulih, kebijakan juga sebagai keberpihakan Pemerintah Daerah untuk pemulihan ekonomi, dan kebijakan ini dimulai pada 8 Juni hingga 3 September 202,” jelasnya saat jumpa pers di Denpasar, (2/6/2021). Lebih lanjut Santha membeberkan, bila masyarakat Bali sekarang membeli kendaraaan bermotor baru, merekan akan memdapatkan subsidi PPNBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah) 50 persen. “Program PPNBM sekarang sudah masuk tahap 2 dari Juni hingga Agustus 2021,” paparnya.

1bl#ik-5/3/2021

Sementara Sekertaris Daerah Bali, Dewa Made Indra mengatakan, kebijakan yang dibuat sudah berdasarkan aturan yang jelas, hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Bali. Selain itu juga pihaknya menginginkan pelayanan publik ditingkatkan, dengan memberikan kemudahan-kemudahan kepada para WP yang ingin membayar pajak. “Bapenda jangan sampai tertinggal oleh pelayanan publik lainnya dalam memberikan pelayanan,” ucapnya. tra/ama

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close