Nasional

PLN Ganti Meteran Pasca Bayar Gratis dengan Smart Meter


Denpasar, PancarPOS | PT PLN (Persero) akan menganti meteran konvensional pelanggan pasca bayar dengan Smart Meter Advanced Metering Infrastructure (AMI) guna meningkatkan akurasi tagihan listrik pada pencatatan meter dalam setiap transaksi energi listrik. “Mulai Bulan Juni, PLN sudah siap mengganti meteran konvensional ke smart meter. Ini khusus pelanggan pasca bayar,” ungkap Manajer Komunikasi PLN Bali, Made Arya, saat jumpa pers di Denpasar, Rabu (31/5/2023).

1th#ik-039.15/5/2023

Untuk itu, pihaknya meminta pelanggan PLN untuk lebih waspada kepada petugas yang meminta bayaran, karena program PLN ini tidak mengenakan biaya apapun alias gratis. Ia juga menambahkan, petugas PLN yang turun ke lapangan akan dilengkapi dengan surat tugas dan name tag. “Seandainya pelanggan masih ragu, boleh minta surat tugasnya. Harusnya kalau memang ia pertugas dari PLN, dari awal dia sudah menunjukkan surat tugasnya kepada pelanggan karena itu sudah SOP,” imbuh Arya.

Sementara itu, Manager Efisiensi Pengukuran dan Mutu Sistem Distribusi, I Nyoman Jendra mengatakan, tujuan penggantian meteran ini adalah untuk meningkatkan kualitas PLN kepada pelanggan. “Mungkin dulunya ada yang complain, catat meteran salah, atau ada yang tidak mau diganggu atau si penghuni rumah tidak ada, inilah yang akan menjawab dan banyak lagi kenyamanan lain yang diberikan smart meter. Pemakaian listrik juga bisa dipantau secara realtime,” kata Jendra.

1bl#ik-016.4/4/2023

Ia menyebutkan, ada sekitar 555.970 pelanggan yang akan diganti meteran listrik pasca bayar atau konvensional dari rentang waktu mulai Juni sampai Desember 2023. “Semoga tidak halangan dan bisa diselesaikan di bulan Desember 2023 dengan bantuan sosialisasi teman-teman media,” tandasnya, seraya menambahkan, smart meter ini tidak ada beda dengan meteran lama. Hanya saja meteran ini, adalah pengantian meteran analog ke digital, dan bayarnya pun tetap tiap bulan.

Jendra mengatakan, sebelumnya, tim PLN sudah menyurati pelanggan soal pengantian meteran ini. Lama pengantian sekitar 30 menit. “Intinya, pengggantian ini gratis sebagai bentuk pelayanan PLN yang lebih baik,” tandasnya. tim/ama/ksm

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button