Olahraga dan Pendidikan

FMIPA Unud-CIFOR Gelar Pengabdian Masyarakat di Kampung Nelayan


Badung, PancarPOSPada 27 Mei 2023, dilaksanakan pengabdian masyarakat berupa penanaman mangrove di Kampung Nelayan Segara Ayu, Kedonganan, Kabupaten Badung. Pengabdian ini merupakan bagian dari kuliah tamu sebagai bentuk kerja sama antara Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana dengan Center for International Forestry Research (CIFOR) dengan pelaksananya adalah Program Studi Biologi.

Kegiatan ini diikuti oleh Dekan Fakultas MIPA Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc, Ph.D, dosen di lingkungan Fakultas MIPA Universitas Udayana, serta mahasiswa di lingkungan Fakultas MIPA Universitas Udayana, dan juga warga di sekitar kampung nelayan Segara Ayu Kedonganan. Seluruh peserta pengabdian secara antusias turun langsung melakukan penanaman bibit mangrove.

Dra. Luh Putu Eswaryanti Kusuma Yuni, MSc., PhD selaku Ketua Unit Kerjasama FMIPA Unud dan dosen MK Ekologi di Prodi Biologi FMIPA menyampaikan, kegiatan pengabdian ini merupakan implementasi perjanjian kerja sama antara FMIPA Unud dan CIFOR. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari kuliah tamu yang sebelumnya sudah dilaksanakan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu wadah bagi civitas akademika Fakultas MIPA Universitas Udayana dalam melestarikan lingkungan sekitar khususnya wilayah pesisir. Seperti diketahui, hutan mangrove memiliki peran dan fungsi yang sangat penting bagi lingkungan, yaitu sebagai pemecah gelombang tinggi, mencegah erosi, bahkan sebagai agen bioremediasi zat-zat limbah seperti logam berat. Untuk itu pelestarian terhadap wilayah pesisir sangatlah penting untuk dilakukan sejak dini. 

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3007-AJAK-MASYARAKAT-LESTARIKAN-PESISIR-PANTAI-FMIPA-CIFOR-LAKUKAN-PENGABDIAN-MASYARAKAT-DI-KAMPUNG-NELAYAN.html

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button