Olahraga dan Pendidikan

BIPAS FIB Unud Gelar Pelepasan Mahasiswa Spring Program 2023


Badung, PancarPOSPada Kamis, 25 Mei 2023, bertempat di Auditorium Widya Sabha Mandala Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana, Bali International Program on Asian Studies (BIPAS) melepas 58 mahasiswa asing yang berasal dari berbagai negara, antara lain Jerman, Finlandia, Prancis, Meksiko, Moldova, Belanda, dan Swedia. Pelepasan ini dilaksanakan dengan prosesi penyerahan sertifikat kepada seluruh mahasiswa asing peserta BIPAS Spring Program 2023.

Pelepasan dihadiri oleh pimpinan FIB yakni Dekan FIB, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., Wakil Dekan I, I Nyoman Aryawibawa, SS, MA, Ph.D, Wakil Dekan II,  Dr. Dra. Ni Made Suryati, M.Hum., Wakil Dekan III, Dr. Dra. Ni Ketut Ratna Erawati, M.Hum.   Koordinator Program BIPAS, AA Sagung Shanti Sari Dewi, SS, M.Hum,M App.Ling, beserta jajaran, perwakilan dari Asia Exchange, Hannes Bogwardrt, beberapa dosen pengajar, serta seluruh mahasiswa asing BIPAS Spring Program 2023.

Dalam laporannya, Koordinator Program BIPAS, AA Sagung Shanti Sari Dewi, SS, M.Hum,M App.Ling mengucapkan terima kasihnya kepada para pihak yang telah mendukung terlaksananya program antara lain kepada Dekan FIB Unud, partner kerja sama Asia Abroad, serta seluruh mahasiswa asing yang telah mengikuti program dengan sangat baik, disiplin, dan kooperatif. Dia juga melaporkan bahwa dalam Spring Program 2023 ini, mahasiswa asing tidak hanya melaksanakan perkuliahan di dalam kelas, akan tetapi juga mengikuti workshops yang berkaitan dengan kebudayaan Bali, khususnya pakaian dan makanan tradisional Bali. Dalam program kali ini, mahasiswa asing juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan mahasiswa FIB Unud, untuk mengenal lebih dekat kebudayaan dan bahasa Indonesia.

Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, SS, M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya karena program BIPAS yang sempat hanya dilaksanakan secara online karena pandemi covid-19, saat ini sudah dapat kembali seperti sebelumnya, dilaksanakan secara offline. Dia juga menyampaikan bahwa program BIPAS tidak hanya menarik bagi mahasiswa asing, akan tetapi menarik pula mahasiswa lokal yang dimiliki oleh FIB Unud. Oleh sebab itu, dia mengapresiasi keterlibatan mahasiswa lokal dalam proses perkuliahan mahasiswa asing di BIPAS, karena hal tersebut dapat berguna bagi kedua belah pihak khususnya dalam pemahaman lintas budaya dan bahasa.

Dalam kesempatan ini, Prof. Satyawati juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Asia Exchange, karena program BIPAS, yang sejatinya merupakan kegiatan kerja sama antara FIB Unud dengan Asia Exchange, dapat berjalan dengan sukses hingga saat ini karena jalinan kerja sama yang begitu baik dengan Asia Exchange. Pada akhir sambutannya, Prof. Satyawati mengharapkan kesuksesan bagi seluruh peserta Spring Program BIPAS pada studi di negaranya masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan mahasiswa BIPAS Spring Program 2023, Tobi Köppen menyatakan, program BIPAS yang diikutinya akan menjadi kenangan manis untuk dirinya serta seluruh mahasiswa BIPAS. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada FIB Unud atas pelaksanaan program yang luar biasa untuk seluruh mahasiwa BIPAS.

Pelepasan Mahasiswa BIPAS  Spring Program 2023 diakhiri dengan penyerahan plakat dari Dekan FIB Unud kepada perwakilan Asia Exchange yang menandainya penyerahan tanggung jawab pelaksanaan kegiatan akademik dari FIB Unud ke Asia Exchange. Penyerahan plakat ini juga menandai berakhirnya BIPAS Spring Program 2023 yang dilaksanakan mulai 6 Februari 2023 lalu.

Sumber: http://www.unud.ac.id

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button