Politik dan Sosial Budaya

Made Urip Bawa Oleh-oleh Bantuan 500 Paket Ikan Segar

Gerakan Bulan Mutu Karantina 2021 di Tabanan


Tabanan, PancarPOS | Selain Memasyarakatkan Gemar Makan Ikan atau Gemarikan, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., kembali menggenjot gerakan Bulan Mutu Karantina 2021 di Kabupaten Tabanan yang dipusatkan di Lapangan Voli Jaga Satru, Banjar Sema, Kediri, Tabanan, Minggu (30/5/2021). Pada kesempatan itu, Wakil Rakyat Sejuta Traktor tersebut, membagikan oleh-oleh bantuan berupa 500 paket ikan sehat dan segar kepada perwakilan ibu PKK se-Kecamatan Kediri. Bulan Mutu Karantina tahun ini dengan tema “Ikan Sehat Bermutu untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat” diserahkan bersama Ir. Anwar, M.Si., selaku Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Denpasar, beserta Wakil Bupati (Wabup) Tabanan, I Made Edi Wirawan, Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga S.Sos., Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDI Perjuangan I Made Suarta dan Agung Mayun, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Kediri I Nyoman Muliadi, Camat Kediri serta Perbekel Kediri Kanwil se-Desa Kediri yang dihadiri warga dan perwakilan ibu PKK se-Kecamatan Kediri.

1bl#ik-29/5/2021

Anwar selaku Kepala BKIPM Denpasar mengaku penyerahan bantuan 500 paket dengan 2 Kg ikan segar ini sebagai kepedulian sosial untuk masyarakat, khususnya bagi para ibu PKK di Tabanan. Bantuan paket ikan ini untuk menyediakan protein dan menjadi sumber gizi masyarakat seperti di Kabupaten Tabanan yang akan dilanjutkan ke Bangli, Senin (31/5/2021). “Protein dari ikan sebagai gizi yang sangat dibutuhkan masyarakat ini, berkat perjuangan dan kerjasama Bapak Made Urip sebagai Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Bali. Karena sekarang beliau satu-satu perwakilan kita di Bali dan hanya ada Pak Made Urip saja. Dan hari ini kita bagikan paket ikan sehat dan segar untuk membantu gizi masyarakat,” ujarnya, seraya menyebutkan bantuan ini untuk meningkatkan kecerdasan dan mencegah angka stunting. “Apalagi target tingkat konsumsi makan ikan secara nasional sebesar 56 kg pertahun perorang, namun di Bali baru tercapai 38 kg pertahun perorang. Jadi tingkat konsumsi makan ikan di Bali sangat jauh di bawah, sehingga kegiatan ini jadi pemicu untuk menggalakan gerakan makan ikan agar masyarakat tetap sehat, sekaligus meningkatkan kecerdasan generasi mendatang,” paparnya.

1bl#bn-21/5/2021

Di sisi lain, Made Suarta yang juga Anggota DPRD Tabanan ini, mengakui sepak terjang Made Urip. “Kita sangat beruntung ada Pak Made Urip, sehingga mendapat bantuan ikan sehat ini. Karena tidak hanya hari ini, tapi sangat banyak kegiatan dan bantuan beliau. Kali ini bantuan paket ikan sebagai tali kasih dari partai, khususnya di Kediri yang terus mendukung PDI Perjuangan. Kalau bisa lebih lagi dibantu tidak hanya setahun sekali,” bebernya, seraya ditambahkan Wabup Edi Wirawan yang memberikan apresiasi bantuan paket ikan ini di Kabupayen Tabanan. “Ini sangat luar biasa dan antusias masyarakat menerima bantuan Pak Made Urip yang sudah lima periode terpilih. Karena sangat jarang ada Anggota DPR yang hanya diundang lewat WA atau SMS sudah mau hadir. Karena itu, agar ke depan Pak Urip bisa terpilih keenam kalinya, karena sebagai kader partai harus menerima apresiasi seperti itu,” kata mantan Anggota DPRD Tabanan tiga periode itu, sekaligus meminta bantuan ini jangan hanya satu tahun sekali, tapi agar bisa setiap enam bulan. “Karena kita punya DPR RI Pak Made Urip yang kali ini sengaja mengudang para ibu PKK. Karena untuk gemar makan di Bulan Mutu Karantina 2021 ini sangat baik untuk keturunan agar menjadi lebih sehat dan cerdas,” tandasnya.

1bl#ik-5/3/2021

Pada saat itu, Made Urip menyampaikan bantuan paket ikan sebagai program kemitraan Komisi IV DPR RI dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk memberikan asupan gizi, khususnya bagi anak-anak yang mengalami stunting atau ibu PKK yang kekurangan gizi, sehingga memberikan bantuan ikan kepada masyarakat. Apalagi dalam pandemi perekonomian di Bali lesu darah, akibat ambruknya sektor pariwisata. Untungnya di Tabanan sektor pertanian masih kuat, tapi masyarakat di perkotaan sangat memprihatinkan kondisinya, karena tidak ada turis atau tamu domestik. “Jadi bantuan ini sangat bermanfaat, karena dapat meningkatkan kebutuhan protein masyarakat, seperti ikan Kembung yang gizinya menyamai ikan Salmon. Jadi sangat bagus untuk memperbaiki gizi masyarakat,” kata Ketua DPP PDI Perjuangan tiga periode yang kali ini membidangi Pertanian dan Lingkungan Hidup itu, seraya mengucapkan terimakasih atas dukungan masyarakat Tabanan di setiap hajatan Pemilu. “Mudah-mudahan berkat kerjasama ini bisa terus memperjuangkan aspirasi masyarakat. Matur suksma, khususnya masyarakat Kediri dari tahun 1999 saya terus dipilih. Jadi kerjasama ini harus dipertahankan, sehingga program baik kabupaten, provinsi maupun pusat bisa kita salurkan, seperti bantuan ini agar masyarakat rajin-rajin makan ikan, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan anak-anaknya ke depan,” tutup M-U sapaan akrab Made Urip. ama/ksm

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close