Olahraga dan Pendidikan

Unud Terima Kunjungan Peneliti dari University of Melbourne


Badung, PancarPOS | Rektor Universitas Udayana (Unud), Prof. Ngakan Putu Gede Suardana didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Ketut Sudarsana menerima kunjungan istimewa dari delegasi Peneliti University of Melbourne (UniMelb), yang dipimpin oleh Prof. Priyan Mendis dan Ms. Maharti bertempat di Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Senin (22/1/2024).

UniMelb merupakan institusi pendidikan terkemuka dengan peringkat pertama di Australia dan posisi ke-14 dalam QS World University Rankings, menandai langkah penting dalam hubungan akademis internasional. Dalam pertemuan ini, Rektor Unud menyatakan apresiasi tinggi atas inisiatif kerja sama yang telah dibangun. Rektor menekankan pentingnya kolaborasi lanjutan, mengingat potensi besar Unud yang didukung oleh 13 fakultas dan 1 program pascasarjana.

Prof. Mendis yang memiliki keahlian dalam teknik infrastruktur dan menjabat sebagai Ketua di Structural Design Firm Civil and Structural Engineering, telah menjalin kerja sama dengan universitas-universitas ternama di Indonesia, termasuk Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Kristen Petra Surabaya.

Kolaborasi ini bukanlah yang pertama, sebagaimana dicatat dalam sejarah kerja sama antara kedua institusi, yang berawal ketika Prof. Sudarsana dan Dr. Adi Susila (Unud) dengan Prof. Mendis bersama-sama meneliti struktur bangunan pascaserangan bom Bali I pada tahun 2002. Diharapkan, kerja sama ini akan terus berkembang, meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian serta publikasi, sebagaimana diharapkan oleh Ketua JUPI Unud, Candra Darmayanthi, PhD., yang turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Prof. Winaya dalam pernyataannya, menandai awal tahun 2024 sebagai era baru kerja sama antara UniMelb dan Unud. Hasil nyata dari kolaborasi ini telah termanifestasi dalam “Conference and Exhibition on Bali Ocean Days”, diadakan pada 19-20 Januari. Konferensi yang membahas tema “Collective Intelligence to Engineer Sustainable Future” ini menjadi tonggak penting dalam upaya kolektif untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan, berlandaskan kecerdasan kolektif. Hadir pula dalam pertemuan ini Koordinator Program Studi Sarjana Teknik Sipil, Ida Ayu Made Budiwati, PhD.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita6251-Universitas-Udayana-Terima-Kunjungan-Peneliti-dari-University-of-Melbourne.html

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button