Politik dan Sosial Budaya

Made Urip Gelar Bimtek Diversifikasi Olahan Ikan Serentak Seluruh Bali


Tabanan, PancarPOS | Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., bekerjasama dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kegiatan Pelatihan Diversifikasi Olahan Ikan secara serentak kepada 300 masyarakat nelayan dari tujuh kabupaten se-Bali, yakni Kabupaten Tabanan (50 orang), Buleleng (50 orang), Jembrana (40 orang), Gianyar (40 orang), Karangasem (40 orang), Bangli (40 orang) dan Badung (40 orang). Pelatihan yang dibuka secara virtual oleh Made Urip yang diwakili Tenaga Ahli Vindy Faradilah, SE., ini, digelar tetap dengan protokol kesehatan yang berlangsung selama dua hari, dari Selasa (27/4/2021) hingga Rabu (28/4/2021). “Saya memberi support dan dukungan penuh adanya Bimtek ini, karena bisa menambah keterampilan bagi pengolahan dan pasca panen di dunia perikanan,” ungkap Wakil Rakyat Sejuta Traktor yang akrab disapa M-U tersebut.

1bl#ik#13/4/2021

Bimtek ini adalah program aspirasi M-U untuk menggerakan sektor riil, sekaligus pemulihan ekonomi untuk memperkuat UMKM akibat dampak pandemi Covid-19 agar masyarakat Bali bisa segera pulih dari keterpurukan. Apalagi saat ini masyarakat di Bali mulai banyak yang menganggur dan kehilangan pekerjaan khususnya di sektor pariwisata, padahal biaya hidup semakin tinggi akibat pergeseran pola konsumsi baik sandang, pangan, papan. Untuk itu perlu adanya pola usaha masyarakat ke arah ekonomi komersil yang membutuhkan keterampilan dan penguasan pengetahuan yang memadai, salah satunya melalui Bimtek kali ini. “Untuk itu saya berharap agar kesempatan ini digunakan dengan baik untuk mengasah kembali keterampilan dan kemampuan yang ada. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi atas kerjasamanya selama ini,” ujar Anggota DPR RI terpilih lima periode itu.

1bl#ik-15/4/2021

Ketua DPP PDI Perjuangan tiga periode yang kali ini membidangi Pertanian dan Lingkungan Hidup ini, sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek, karena selain memiliki peran strategis untuk meningkatkan kompetensi pengembangan inovasi teknologi dalam rangka pemanfaatan komoditas unggulan hasil perikanan, juga karena kondisi masyarakat perikanan saat ini masih membutuhkan langkah-langkah antisipatif dan strategis menghadapi persaingan, dengan menciptakan banyak usahawan baru. “Saya kembali berharap agar seluruh peserta pelatihan dan bimbingan teknis dapat mengikutinya dengan bersungguh-sungguh dengan apa yang diperagakan oleh instruktur, sehingga kelak nanti bisa memproduksi sendiri dan menjadi wirausaha baru walaupun kecil-kecilan, yang tujuannya selain dapat menambah lapangan kerja baru, juga sekaligus diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan tingkat kesejahteraan keluarganya,” bebernya.

1bl#ik#13/4/2021

Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini, juga menjelaskan pelatihan dan Bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat kelautan dan perikanan khususnya nelayan dan pengolah ikan tentang bagaimana cara pengolahan Mini Crispy Ikan, membuat Scotel Ikan serta mengolah Cordon Bleu Ikan dan Martabak Ikan. “Melalui Bimtek ini, seluruh peserta dapat menumbuhkan jiwa wirausaha untuk dapat menopang tingkat pendapatan dan kesejahteraan keluarganya. Kita ingin tingkatkan kewirausahaan pada sektor kelautan dan perikanan, karena perairan di Bali sangat berpotensi untuk dikembangkan,” tegasnya, seraya mengaku akan selalu mengawal dan memberikan respon positif setiap program dan kegiatan yang diluncurkan untuk para petani dan nelayan di Bali, sehingga nantinya dapat berdaya saing dan sejajar dengan daerah-daerah lain yang sudah maju demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close