Politik dan Sosial Budaya

Oknum Petugas “Main Mata” Tertibkan Galian C Liar di Karangasem? Nova: Saya Tidak Tahu


Denpasar, PancarPOS | Galian C bermasalah tidak pernah surut dan selalu menjadi momok yang tak kunjung bisa diselesaikan. Karena itulah, Anggota Komisi I DPRD Bali, Komang Nova Sewi Putra mendesak pemerintah daerah dan penegak hukum mengambil langkah tegas untuk menertibkan penambangan galian C liar di Karangasem. “Banyak sekali galian C liar dan tidak berijin, selesai digali mau diapakan? Karena aktivitas ini akan mempengaruhi lingkungan,” kata Nova sapaan akrabnya saat ditemui awak media di Denpasar, Selasa (23/11/2021).

1bl#ik-7/11/2021

Politisi muda Partai Demokrat itu, menegaskan aktivitas galian C memang berdampak terhadap ekonomi Bali, namun tetap harus memperhatikan lingkungan. Meskipun berdampak ekonomi, apabila banyak ada galian C liar dipastikan lingkungan sekitatnya akan bisa rusak. Untuk itu, pengusaha asal Buleleng ini, justru mempertanyakan siapa yang akan memperbaiki lingkungan dan alam apabila sudah rusak akibat galian C liar ini. “Begitu juga, bila terjadi korban jiwa, bencana alam siapa yang bertangungjawab? Tentu Pemda akan terus disorot oleh publik,” ungkap Nova yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Bali itu.

1bl#ik-5/11/2021

Seharusnya dikatakan, penambangan galian C mengikuti aturan yang berlaku, baik areal penambangan, maupun ketinggian dan syarat yang ditentukan harus mengikuti aturan. Padahal pengurusan ijin saat ini, juga sudah semakin transparan, karena sepanjang aturan itu diikuti diyakini semua ijin bisa diproses. Dalam penanganan tersebut, pihaknya meminta akan dibentuk Satgas Penanganan Galian C liar di Karangasem, baik dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, perijinan dan lainnya. Upaya itu dalam mencegah ada opini kurang baik yang beredar dalam masyarakat terkait lika-liku usaha penambangan galian C yang sudah berjalan puluhan tahun, namun belum mampu menyejahterahkan masyarakat Karangasem secara umum.

1bl#ik-6/11/2021

“Pemerintah juga tidak mempersulit perijinan dan masyarakat tetap ikuti aturan yang ada dalam menjaga lingkungan,” ujarnya. Namun ketika ditanya terkait adanya oknum petugas “main mata”, Nova justru menjawab tidak mengetahui hal tersebut. aya/ama

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close