Nasional

Bintang Puspayoga Bertahan, Jokowi Umumkan 6 Menteri Pendatang Baru


Denpasar, PancarPOS | Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan secara langsung nama-nama menteri pendatang baru yang mengisi 6 jabatan menteri yang lowong atau digeser. Jokowi menyebutkan keenam nama menteri tersebut, saat memberi keterangan pers, Selasa (22/12/2020), terkait nama-nama menteri baru Kabinet Indonesia Maju. Keenam menteri baru tersebut, yakni Tri Risma Harini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Salahudin Uno ditunjuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan, Yacob Cholil Qomas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono dipercaya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Mohamad Lutfi ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan.

1bl-bn#21/12/2020

Dari keenam menteri tersebut memang tidak ada tercantum nama Made Mangku Pastika yang sempat tersebar di media sosial dikabarkan sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Termasuk nama Bintang Puspayoga yang ternyata tetap bisa bertahan sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Seperti diketahui sebelumnya, Made Mangku Pastika, awalnya sempat mengaku tidak mau berandai-andai untuk menjadi menteri kabinet Presiden Joko Widodo. Meskipun belakangan dikabarkan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju itu sedang dikocok ulang, setelah sejumlah bawahan Jokowi itu diciduk langsung oleh Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK).

Bahkan, nama Mangku Pastika yang notabene Gubernur Bali dua periode (2008-2013 dan 2013-2018) itu, tersebut di sejumlah media sosial, terutama WhatsApp grup (WAG) yang menyebutkan akan menduduki posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun, nama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak yang sebelumnya diisi I Gusti Ayu Bintang Darmawati alias Bintang Puspayoga, namanya digantikan oleh Nurul Arifin. Bergesernya nama menteri asal Bali ini memang terasa agak janggal, apalagi akan dilantik pada Rabu, 23 Desember 2020.

1bl#bn-21/12/2020

Sayang saat dikonfirmasi baik Mangku Pasti dan Bintang Puspayoga belum bisa dihubungi terkait kebenaran kabar tersebut. Bahkan, baik ajudan Mangku Pastika ataupun Bintang Puspayoga juga belum bisa angkat bicara, sampai berita ini diturunkan. Sebelumnya memang sempat santer nama mantan Kapolda Bali yang kini menjabat Anggota DPD RI Perwakilan Bali ini, digadang-gadang mencuat diberikan kepercayaan sebagai salah satu menteri kabinet, saat Prabowo Subianto maju sebagai Capres nomor urut 1 yang berhadapan dengan Jokowi sebagai Capres nomor urut 2 pada Pilpres 2019 lalu.

Saat itu ada keinginan Prabowo menjadikan Mangku Pastika sebagai menteri saat berorasi pada kampanye nasional di Lapangan Lumintang, Denpasar, Sabtu (28/6/2019). Namun akhirnya, Prabowo dinyatakan kembali kalah dan tidak berhasil menduduki kursi Presiden RI. Bahkan, nasib Prabowo saat ini hanya menjadi Menteri Pertahanan di era kabinet Jokowi. Dihubungi secara terpisah, salah satu pelaku pariwisata yang juga Wakil Ketua Umum DPP Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA), I Made Ramia Adnyana menyebutkan tidak begitu yakin dengan kabar tersebut. Apalagi menurutnya ada beberapa susunan kabinet agak janggal namanya masuk sebagai menteri. “Saya agak tidak yakin, karena sepertinya hoax,” katanya singkat. tim/ama/ksm

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button