Nasional

DPRD Bali Satu Suara Segera Bangun Bandara Bali Utara


Denpasar, PancarPOS | Dewan di DPRD Bali menyambut baik aspirasi masyarakat untuk percepat bandara Bali utara. Hal itu tercetus saat Pimpinan Dewan, Selasa (19/1/2021) menerima audiensi LSM Gemanusantara dan eksponen masyarakat Bali utara lainnya yang dihadiri Ketua Komisi I DPRD Bali, Nyoman Adnyana bersama Ketua Komisi III DPRD Bali, Anak Agung Ngurah Adi Ardhana dengan anggota komisi terkait lainnya, yakni Jro Nyoman Rai Yusa, Wayan Arta dan Kadek Setiawan serta Ni Putu Yuli Artini maupun Sekwan DPRD Bali, Gede Suralaga tersebut.

1bl-ik#27/4/2020

Pada kesempatan itu, Ketua LSM Gema Nusantara, Antonius Sanjaya sangat mengapresiasi Gubernur Bali Wayan Koster dan jajaran DPRD Bali yang sudah menerbitkan Perda Provinsi Bali No.3 Tahun 2020 tentang RTRW Provinsi Bali Tahun 2009-2029 yang diumumkan pada Jumat (29/5/2020). Apalagi berdasarkan Perpres No.109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional terkait pembangunan bandara Bali utara yang wajib ditutaskan hingga akhir tahun 2022 atau paling lambat awal tahun 2023 harus didukung semua pihak. Ia memandang bandara Bali utara sangat penting didorong untuk kepentingan bersama dengan mengesampingkan semua ego sektoral untuk segera mewujudkan impian masyarakat Bali.

“1.7 km dari ujung timur runway yg gambar bandara di Sumberklampok ada bukit setinggi 89 meter sebagai kendala Kawasan Keselamatan operasional Penerbangan (KKOP),” beber Anton sapaan akrab Antonius Sanjaya. Perpres Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional No 109 th 2020 terkait Bandara Bali Utara salah satu landasan dasar hukumnya adalaj mengacu pada Perda Provinsi Bali/ RTRWP Bali No.03 tahun 2020 yang menyatakan bahwa lokasi Bandar udara Bali utara terletak di Kecamatan Kubutambahan (pasal 21 ayat 2). Jika ada wacana baru memindahkan lokasi bandara ke sumberklampok (Taman Nasional Bali Barat ?), maka perlu waktu lama karena harus melabrak beberapa UU dan perturan tentang konservasi alam, Perlindungan satwa langka dan masih banyak lagi masalah baru yang akan muncul di barat sana, juga akan berhadapan dengan para aktifis lingkungan baik di tingkat Internasional, nasional maupun daerah yang sudah pasti akan bergejolak menentang rencana ini.

1th-bn#1/2/2020

Sedangkan di lokasi semula di Kubutambahan telah melalui kajian studi kelayakan berkali-kali dan tidak ada masalah yang berarti. Seperti gayung bersambut, seluruh peserta yang hadir menerima dengan baik aspirasi masyarakat tersebut. Pimpinan Rapat yang juga Wakil Ketua DPRD Bali, Dr. I Nyoman Sugawa Korry, MM., menyatakan seperti gayung bersambut seluruh anggota dewan yang hadir sepakat mendukung percepatan terwujudnya Pembangunan Bandara ini apalagi telah tertuang dalam PSN. Sugawa Korry mengajak semua pihak agar satu suara tunduk pada kewenangan pusat dan tidak ada orientasi kepentingan kelompok maupun pribadi sehingga suasana di Bali kondusif. DPRD Bali akan menunggu pemerintah pusat dalam Penetapan Lokasi (Penlok ) Bandara Bali Utara sesuai peraturan dan kajian yang telah ada saat ini.

Konsorsium Pembari (PT. Pembangunan Bali Mandiri) yang telah merintis sejak awal membuat studi kelayakan mulai tahun 2011 tiada henti berproses bertahun tahun di Kemenhub, Pemda di Desa Kubutambahan sampai akhirnya kajiannya dinyatakan layak oleh pemerintah pusat. Dirut Pembari Ketut Suardhana menyatakan sudah seharusnya berterimakasih kepada Presiden Jokowi karena telah menandatangani Perpres PSN ini dan memberikan arahan agar Bandara Bali Utara bisa rampung berdiri tahun 2023. Terkait Bandara ini , telah masuk dalam daftar PSN dua proyek besar di Kecamatan Kubutambahan yaitu Bendungan Tamblang dan Angkutan Massal berbasis Rel/KA. Dengan demikan akan ada tiga proyek terintegrasi yang satu sama lainnya saling terkait dan memberikan multi player efek yang sangat besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin yang ada di Bali utara. ama/ksm

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close