Ekonomi dan Bisnis

Samsat Karangasem Lampaui Target Pajak Kendaraan di Tengah Pandemi


Denpasar, PancarPOS | Kinerja dan inovasi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Samsat Karangasem di tengah pandemi membuahkan hasil yang baik. Bahkan target pajak kendaraan bermotor sebesar Rp50.332.263.000 telah terlampui. Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala UPTD Samsat Karangasem I Gusti Nyoman Adi Wijaya, saat ditemui Senin (18/10/2021). Pihaknya mengakui pada dasarnya capaian pendapatan pajak kendaraan bermotor pada triwulan I, 2, dan 3 hingga sekarang sudah mencapai 88%. “Dari target Rp50.332.263.000 sekarang kami sudah mencapai Rp44 Milyar lebih, artinya target yang telah ditetapkan kami optimis tercapai,” ucapnya Senin (18/10/2021).

1bl#ik-21/8/2021.

Lebih lanjut Adi Wijaya menjelaskan, untuk penerimaan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) pada triwulan 3 baru tercapai 33, 27%. Hal tersebut disebabkan akibat situasi pandemi yang menurunnya pendapatan masyarakat. Di mana targetnya Rp45 milyar lebih, baru bisa tercapai hanya Rp14 milyar lebih. “Kalau dari perkiraan kami, untuk target BBNKB kelihatannya agak berat dicapai, soalnya kondisi sekarang yang tidak bisa diprediksi,” ungkapnya. Adi Wijaya juga sangat mengapresiasi masyarakat Karangasem yang masih sangat sadar membayar pajak. Pasalnya, para wajib pajak yang ada di Kabupaten Karangasem tetap mau membayar pajak, meskipun kondisi ekonomi yang sebagian besar warga masih mengalami kesulitan akibat dilanda pandemi Covid-19.

Ik#1th-10/10/2021

Bahkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak, juga ada kaitannya dengan beberapa kebijakan yang telah sukses diluncurkan Gubernur Bali Wayan Koster melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bali, antara lain pemutihan maupun diskon pajak kendaraan bermotor yang meringankan beban para wajib pajak di tengah pandemi Covid-19. “Kebijakan tersebut yang antara lain menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi para wajib pajak untuk tetap mau membayar pajak kendaraan bermotornya,” ucapnya, seraya menjelaskan, untuk kebijakan diskon pajak kendaraan bermotor diperpanjang lagi oleh Pemprov Bali hingga Desember mendatang, dan sangat direspon baik oleh para wajib pajak yang ada di Kabupaten Karangasem.

1bl#ik-21/7/2021

“Dengan diperpanjangnya diskon pajak kendaraan ini, tentu akan sangat berpengaruh terhadap pendapatan dari pajak kendaraan bermotor, dan kami semakin optimis mampu melampaui target yang sudah ditentukan sebelumnya,” pungkasnya. tra/ama

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close