Daerah

Tim Yustisi Kota Denpasar Kembali Jaring 9 Pelanggar Prokes


Denpasar, PancarPOS | Tim Yustisi Kota Denpasar menjaring 9 orang pelanggar Protokol Kesehatan, penertiban ini dijaring saat pendisiplinan PPKM Level IV dilaksanakan di Jalan Tukad Yeh Aya – Jalan Tukad Balian Kelurahan Renon Kecamatan Denpasar Selatan, Denpasar, Rabu (18/8/2021). Kasatpol PP Kota Denpasar Dewa Gede Anom Sayoga mengatakan, dari jumlah orang yang melanggar sebanyak 2 orang didenda di tempat karena tidak menggunakan masker dan 7 orang diberikan pembinaan karena karena tidak sempurna menggunakan masker.

1bl#ik-2/8/2021

Menurutnya kegiatan pendisiplinan ini akan rutin dilakukan selama pelaksanaan PPKM Level IV berlangsung. Hal itu dilakukan untuk menekan penularan Covid-19 dengan wajib menerapkan minimal 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi dan mengurangi kerumuman. Mengingat penyebaran covid-19 semakin cepat bahkan saat ini jumlah kasus yang terjangkit cukup banyak. Selain itu fasilitas rumah sakit dan tenaga medis sangat terbatas.

Untuk menekan penularan dalam kegiatan ini pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu mentaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan air mengalir dan tidak bepergian kalau tidak dalam keadaan mendesak. Selain itu pihaknya juga mengimbau kepada pelaku usaha agar selama pelaksanaan PPKM Level 4, berlangsung jam operasional sesuai ketentuan berlaku.

Sementara itu, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sesetan, Denpasar Selatan, memilih membagikan nasi bungkus di tengah pandemi Covid-19. Aksi yang berpusat di kantor Lurah Sesetan dan di jalan raya depan kantor Lurah, mereka membagikan 500 nasi bungkus dan 135 paket sembako untuk RTM. Warga tampak antusias menerima nasi bungkus yang dibagikan LPM dengan menyasar warga yabg tinggal di wilayah Kelurahan Sesetan.

Lurah Sesetan, Ketut Sri Karyawati bersama Ketua LPM Sesetan I Made Suarta menjelaskan, selain 500 nasi bungkus, pihaknya membagikan ratusan paket sembako untuk warga di semua banjar di bawah Kelurahan Sesetan.Untuk mencegah kerumunan, pengambilan paket sembako telah diatur. “Dapat kita pahami bagaimana situasi masyarakat. Hanya dalam waktu singkat, ratusan nasi dan sembako ludes. Walaupun nilainya tidak seberapa, tapi kami berharap bantuan ini bisa dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

1bl#ik-17/8/2021

Lebih lanjut dia mengatakan, LPM punya peran strategis sebagai mitra Lurah dalam menjalankan pembangunan di lingkup pemerintahan terkecil. Karenanya, sejak Covid-19 mewabah, pihaknya turun langsung mengedukasi warga terkait penerapan protokol kesehatan, apalagi Sesetan dikenal dengan penduduknya yang padat, heterogen serta mobilitas yang tinggi.

Jika pada situasi normal, Agustus adalah bulan yang sangat dinantikan warga karena digelar Sesetan Karnaval berpusat di Lapangan Pegok. Sayangnya, sudah dua tahun karnaval yang sangat meriah ini ditiadakan akibat pandemi. Suksesnya aksi berbagi ini berkat komunikasi yang baik dan sinergitas semua pihak baik LPM, Lurah Sesetan, Perusahaan maupun wakil rakyat atau legislatif. “Kami ucapkan terima kasih atas support semua pihak yang memiliki jiwa gotong royong untuk membantu sesama di tengah masa sulit pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

1bl#ik-16/8/2021

Pihaknya berharap, semoga pandemi ini cepat berlalu. Dirinya mengajak masyarakat untuk taat terhadap prokes agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan. “Hanya disiplin prokes yang ketat virus ini akan dapat ditangani dengan cepat,” ujarnya. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close