Olahraga dan Pendidikan

BEM FTP Unud Gelar Pra-BISMA 2023


Badung, PancarPOSBakti Ilmiah Sosial Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) atau sering disingkat sebagai BISMA FTP merupakan program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Fakultas Teknologi Pertanian Udayana. Kegiatan ini adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa Angkatan termuda di FTP.

BISMA 2023 memiliki 3 rangkaian utama, yaitu sosialisasi BISMA, -ra-BISMA, dan hari H BISMA FTP 2023. Sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi BISMA yang membahas terkait pemberitahuan informasi seputaran kegiatan BISMA seperti desa yang menjadi lokasi kegiatan, topik ide proposal dan pembagian kelompok sesuai potensi desa serta rangkaian kegiatan BISMA FTP 2023. Kegiatan pra-BISMA telah dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2023 di auditorium Widya Sabha Mandala, Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.

Kegiatan pra-BISMA FTP 2023 berfokus pada pemberian nilai atau penjurian terhadap buah hasil pemikiran mahasiswa yang dikemas dalam bentuk proposal pengabdian terkait dengan potensi serta masalah yang terdapat di desa pelaksanaan kegiatan, yaitu Desa Manukaya. Proposal pengabdian ini kemudian dipresentasikan dalam kegiatan pra-BISMA FTP 2023.

Pada kegiatan pra-Bisma yang dilaksanakan dipilih satu kelompok terbaik yang diambil dari setiap topik, yaitu pada topik pangan kelompok terbaik yaitu Kelompok 2 dengan ide Manukaya’s Cardice (Cardamom Ice) Sebagai Produk Inovasi Guna Mengembangkan Potensi Hasil Pertanian Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, untuk topik non-pangan kelompok terbaik yaitu kelompok 10 dengan ide Pemanfaatan Jeruk menjadi Lilin Aromatherapy, sedangkan untuk topik Sampah Organik kelompok terbaik yaitu Kelompok 12 dengan topik Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Sebagai Problem Solve Limbah Organik. Dewan juri pada kegiatan pra-Bisma ini yaitu dosen Fakultas Teknologi Pertanian yang terdiri atas AA Istri Sri Wiadnyani, STP, M.Sc., Cokorda Anom Bayu Sadyasmara, STP, M.Sc., dan I Putu Gede Budisanjaya, STP, MT.

I Made Bagus Wisesa Yogiswara selaku ketua Panitia Kegiatan melaporkan, kelompok terbaik dari masing-masing topik akan memberikan pelatihan kepada masyarakat di Desa Manukaya, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar untuk membuat produk yang telah dirancang sesuai proposal pengabdian yang diajukan tersebut. Ia juga berharap semoga dari inovasi dan ide yang dirancang dapat memberikan masukan dan solusi bagi masyarakat Desa Manukaya guna mengembangkan potensi yang ada pada Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar, ujarnya.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3108-Siap-Terjun-Kemasyarakat-BEM-FTP-Unud-Laksanakan-Pra-BISMA-2023.html

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button