Daerah

Karya Agung Ida Bhatara Turun Kabeh Mesineb, Pemucuk Pemangku Pura Agung Besakih Ucapkan Terima Kasih


Karangasem, PancarPOS | Penyineban Karya Agung Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Karangasem dilaksanakan pada Redite Umanis, Wuku Merakih, Minggu, 14 April 2024 pukul 15.00 WITA. Pemujaan penyineban karya kali ini, dipuput oleh 3 sulinggih, yakni Ida Pedanda Gde Rai Tianyar dari Griya Menara Sidemen, Ida Pedanda Subawa Karang dari Griya Karang Budakeling, beserta Ida Sri Bhagawan Putra Natha Wangsa Pemayun dari Kedhatuwan Kawista Blatungan yang diiringi dengan wewalen lengkap.

1th#ik-014.25/2/2024

I Gusti Mangku Jana, sebagai Pemucuk Pemangku Pura Agung Besakih menjelaskan karya dilanjutkan dengan pemuspan, serta atur piuning Bendesa Adat Besakih. Selanjutnya acara nuwek bagia pulekerti oleh Penjabat (Pj) Gubernur Bali dan Ida Dalem Smara Putra. “Setelah acara nuwek bagia Ida Bhatara kabeh tedun dari Pesamuan Agung ke ambal-ambal katuran tetingkeb dan mewali ke pesineban pura soang-soang. Acara diakhiri dengan mendem bagia pulekerti,” bebernya kepada PancarPOS, pada Minggu (14/4/2024).

Dijelaskan lebih lanjut, selesai melaksanakan prosesi mendem bagia pulakerti, semua pralingga Ida bhatara kembali distanakan ke masing-masing pelinggih pura yang ada di komplek Pura Agung Besakih. “Secara umum pelaksanaan karya tahun ini berjalan dengan baik. Kita ungkapan rasa syukur atas pelaksanaan karya yang sudah berjalan lancar,” tandasnya, seraya menyampaikan terima kasih kepada umat sedharma yang begitu antusias datang untuk melakukan sembah bhakti di Pura Agung Besakih, bahkan hingga malam dan pagi hari. Terkait kemacetan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan karya, ia pun meminta permakluman dari seluruh pihak. Namun secara umum menilai pelaksanaan karya telah berjalan dengan sangat baik.

1th#ik-072.21/8/2023

Pelaksanaan karya ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk masyarakat dan pemerintah. Pihaknya juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Bali dan Seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali telah melaksanakan Bhakti Penganyar, begitu pun dengan bantuan punia. Ia menyampaikan punia yang terkumpul akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pelaksanaan yadnya di Pura Agung Besakih. Tidak lupa, juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dalam pelaksanaan karya. “Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Bali dan Pemerintah Kabupaten/Kota yang selalu membantu karya yang kami laksanakan,” pungkasnya. jelasnya.

Tampak hadir pada penyineban Karya Agung Ida Bhatara Turun Kabeh tahun 2024, di antaranya Ketua DPRD Provinsi Bali dan Ketua DPRD Kabupaten/kota se-Bali, Sekda Provinsi Bali, Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Komjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, Bupati/Walikota se-Bali serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota. tim/ama/kel

Baca Juga :


Back to top button