Olahraga dan Pendidikan

FIB Unud Terima Kunjungan Perwakilan University of Naples L’Orientale


Denpasar, PancarPOS | Pada Senin, 8 Januari 2024, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) menerima kunjungan dari perwakilan Department of Asia Africa and Mediterranean Studies, University of Naples L’Orientale, Italia, Prof. Antonia Soriente beserta rekannya Prof. Aurora Donzelli. Kunjungan diterima di Ruang Dekan, Kampus FIB Unud, Jalan Pulau Nias Nomor 13 Denpasar. Adapun tujuan kunjungan ini adalah untuk mendiskusikan kegiatan kerja sama yang dapat dilaksanakan keduanya di tahun ini.

Pada tahun lalu, kerja sama kedua instansi dilaksanakan dalam berbagai kegiatan, antara lain pelaksanaan kuliah umum pada 9 Januari 2023 lalu dan pertukaran mahasiswa pada semester genap TA 2022/2023. Dalam kegiatan pertukaran mahasiswa tersebut, seorang mahasiswa Program Studi Ilmu Sejarah FIB Unud berkesempatan belajar di University of Naples L’Orientale Italia, sedangkan dua mahasiswa dari Naples L’Orientale berkesempatan belajar di Program Studi Sastra Indonesia FIB Unud selama satu semester.

Melanjutkan kerja sama ini, pada diskusi yang dilaksanakan, perwakilan Department of Asia Africa and Mediterranean Studies, Prof. Antonia Soriente menyatakan, pihaknya akan mengirimkan dua mahasiswa lagi untuk belajar di FIB Unud pada semester genap TA 2023/2024 mendatang. Saat ini, kedua mahasiswa tersebut sedang melengkapi kelengkapan administrasi di Universitas Udayana dan akan tiba sekitar bulan Februari 2024.

Dekan FIB Unud, I Nyoman Aryawibawa, SS, MA, Ph.D, tentunya menyambut baik kunjungan perwakilan University of Naples L’Orientale ke FIB Unud. Dia juga menyampaikan bahwa telah memperoleh kabar terkait kedatangan dua mahasiswa Italia dari Kantor Urusan Internasional (KUI) Unud, dan menyatakan bahwa FIB siap menerima kedua mahasiswa tersebut.

Selain membicarakan masalah pertukaran mahasiswa, kedua belah pihak juga membicarakan potensi kegiatan kerja sama lainnya, seperti potensi kolaborasi dengan Kedutaan Italia untuk Indonesia untuk pembentukan mata kuliah pilihan bahasa Italia di FIB Unud, potensi kolaborasi double degree, dan lainnya.

Prof. Soriente juga menambahkan, pihaknya juga membuka lebar potensi pertukaran dosen sehingga pertukaran yang dilakukan tidak hanya terbatas bagi mahasiswa. “Jika ada dosen atau staf pengajar yang ingin datang ke Naples, untuk belajar atau meneliti, tentunya kami akan dengan senang hati menerima,” ungkap Prof. Soriente.

Senada dengan hal tersebut, Dekan FIB Unud, Aryawibawa menyatakan, FIB siap menyambut berbagai potensi kolaborasi keduanya untuk melanjutkan dan memperkuat kerja sama yang telah terjalin baik antara FIB Unud dengan Department of Asia Africa and Mediterranean Studies, University of Naples L’Orientale, Italia. “Kami siap menyambut segala peluang kerja sama lainnya antara FIB dan Naples L’Orientale, tentunya untuk melanjutkan dan memperkuat kerja sama antarkedua belah pihak yang telah berjalan sangat baik selama ini,” papar Aryawibawa.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4259-PERKUAT-KERJA-SAMA-DEPARTMENT-OF-ASIA-AFRICA-AND-MEDITERRANEAN-STUDIES-UNIVERSITY-OF-NAPLES-L-ORIENTALE-ITALIA-SAMBANGI-FIB-UNUD.html

Berita Terkait

One Comment

  1. Its like you read my mind You appear to know so much about this like you wrote the book in it or something I think that you can do with a few pics to drive the message home a little bit but instead of that this is excellent blog A fantastic read Ill certainly be back

Tinggalkan Balasan


Back to top button