Nasional

Akhir Juni 2024, Mimpi Wayan Koster “Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali” Segera Terwujud

Kompetensi Keilmuan Rekayasa Teknik Terapan Unud Tembus Cakrawala Ruang, Waktu dan Kondisi


Buleleng, PancarPOS | “Yes … Yes … Yes”, Itulah yel-yel dari Perencana dan Manajemen Konstruksi (MK) LPPM Universitas Udayana (Unud), bersama Gubernur Bali Periode 2018-2023, Dr. Ir. Wayan Koster, MM., saat sehabis keliling meninjau progress pembangunan Turyapada Tower yang menyisakan pekerjaan sebesar 2,7% dari keseluruhan 100%. Kontrak pembangunan tahap I (pertama) dari Kontraktor Pelaksana PT Hutama Karya KSO Yodya Karya akan berakhir pada tanggal 4 Juli 2024. Khusus Pembangunan Badan Tower akan selesai akhir Juni 2024. Pembangunan Tahap II (Kedua) akan meliputi pengembangan kawasan konservasi dan wisata, jalan akses dari shorcut Singaraja-Mengwi. Pengembangan kawasan pariwisata dan pembangunan jalan akses ke lokasi selesai di tahun 2025 akhir.

Perencana dan Manajemen Konstruksi (MK) LPPM Universitas Udayana bersama Gubernur Bali Periode 2018-2023, Dr. Ir. Wayan Koster, MM., saat sehabis keliling meninjau progress pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali. (foto: PT Hutama Karya)

“Kawasan Turyapada Tower direncanakan berfungsi dan mulai beroperasi tahun 2026. Pengelolaan akan dilakukan dengan melibatkan pelaku usaha lokal profesional agar bisa memperoleh pendapatan optimal,” ungkap Dosen di Prodi Arsitektur, FT, Universitas Udayana, Dr.Eng. Ir. I Wayan Kastawan, ST., MA.,  yang ikut merancang dan memberi pemikiran dan tenaga penuh penuh pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali, kepada PancarPOS.com, pada Senin (10/6/2024).

Wajah ceria dan sumringah Wayan Koster terpancar karena mimpinya segers terwujud bersama semua yang ikut serta dalam kunjungan. Kekaguman akan kemampuan Tim Perencana LPPM yang kesemuanya berasal dari Fakultas Teknik Universitas Udayana bisa menghasilkan ide kreatif bangunan Tower yang dirancang berbasis nilai-nilai kearifan lokal Bali, Sad Kerthi yang dibalut kompetensi keilmuan rekayasa teknik terapan (Socio Engineering Design) yang menembus cakrawala Ruang, Waktu dan Kondisi.

1th#ik-029.4/6/2024

Tak cukup waktu sehari untuk menceritakan suka duka selama proses pembangunan Turyapada Tower, oleh karenanya akan ada “Museum Lini Masa Pembangunan Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali”. Keseluruhan proses dimulai dari Ide Dr. Ir. Wayan Koster, MM. Gubernur Bali Periode 2018-2023 untuk mengatasi banyaknya pendirian tower telekomunikasi di gugusan pegunungan Bali yang sakral dan indah, salah satu solusi adalah mendirikan satu tower terintegrasi untuk semua. Ide kreatif jenius dari Dr. Ir. Wayan Koster, MM. merupakan satu ide brilian lompatan berpikir di luar zona pemikiran pada umumnya (Thinking Out of the Box), solusi pemikiran yang belum pernah terpikirkan sebelumnya terhadap semerawutnya pembangunan tower tidak hanya di Bali tetapi juga di seluruh Tanah Air Tercinta.

1 2Laman berikutnya

Baca Juga :


Back to top button