Hukum dan Kriminal

BCW Desak Polres Buleleng Usut Tuntas Dugaan Pungli Rp900 Juta di STAHN Mpu Kuturan


Buleleng, PancarPOS | Bergulirnya berita yang dilansir akun Wayan Sudarma di satu media sosial, yang menyebut-nyebut ada dugaan pungutan liar (Pungli) bertopeng POM senilai Rp900 juta lebih di STAHN Mpu Kuturan Singaraja, mendapat perhatian Bali Corruption Watch (BCW). Ketua BCW, Putu Wirata Dwikora, SH menegaskan, kalau benar kasusnya sudah ditangani Polres Buleleng, karena UU Tipikor mengatur perihal adanya partisipasi masyarakat, Polres Buleleng mohon agar transparan tentang sejauh mana sudah ada perkembangan penyelidikan.

1bl#ik-8/11/2021

Pihak STAHN Mpu Kuturan juga perlu mengklarifikasi perihal pungutan itu maupun apa yang disampaikan Wayan Sudarma, SH, yang notabene mahasiswa S2 di kampus tersebut. Nama baik kampus harus dijaga, apalagi menyandang nama Mpu Kuturan. Dalam akun Facebook-nya, Wayan Sudarma melansir, bahwa ada dugaan Pungli bertopeng POM senilai Rp900 juta lebih di STAHN Mpu Kuturan Singaraja yang kini penyelidikannya ditangani Unit III Satreskrim Polres Buleleng. ‘’Apa dasar pungutan tersebut, untuk apa digunakan, bagaimana penggunaannya apakah sesuai peruntukan, dan bagaimana pertanggungjawabannya. Kalau pertanggungjawabannya tidak ada, dasar hukum dan peruntukannya tidak jelas, seperti disebut Wayan Sudarma, maka Polres Buleleng lah yang berkewajiban mengusut, berdasarkan kewenangan untuk melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi atau pidana lainnya,’’ imbuh Putu Wirata.

1bl#ik-8/11/2021

Selanjutnya, kalau benar bahwa uang yang dipungut dari mahasiswa itu akan dikembalikan kepada mahasiswa secara bertahap, juga harus jelas, kenapa dikembalikan? BCW meminta Polres Buleleng menginformasikan kepada masyarakat, bagaimana perkembangan pengusutan kasus tersebut. Sayangnya sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak STAHN Mpu Kuturan Singaraja terkait kasus ini. ora/ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close