Politik dan Sosial Budaya

Respon Cepat Made Urip, Daratkan 500 Paket Ikan Sehat dan Bermutu di Bangli


Bangli, PancarPOS | Respon cepat Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si., di tengah pandemi Covid-19 secara maraton membagikan bantuan seribu paket ikan segar, sehat dan bermutu di Bali. Setelah menyerahkan 500 paket ikan yang dipusatkan di Lapangan Voli Jaga Satru, Banjar Sema, Kediri, Tabanan, Minggu (30/5/2021), kini giliran Kabupaten Bangli diberikan bantuan serupa, serangkaian Bulan Mutu Karantina 2021. Wakil Rakyat Sejuta Traktor itu, mendaratkan 500 paket ikan ini, di Aula Kantor Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli, Senin (31/5/2021). Seluruh bantuan diserahkan langsung bersama Koordinator Kelompok Hukum, Kerjasama dan Humas Sekretariat Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Asep Dadang Paswara didampingi Kepala BKIPM Denpasar Ir. Anwar, M.Si., beserta Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha dan Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, Kadis Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli Ir. I Wayan Sarma, Anggota DPRD Bangli, I Gusti Nyoman Triana Putra, serta Ketua Ranting Songan B I Jro Ketut Metu Kamajaya yang dihadiri para perwakilan lansia dan ibu PKK se-Kabupaten Bangli.

1bl#ik-29/5/2021

Selain memasyarakatkan Gemar Makan Ikan (Gemarikan), Made Urip yang akrab disapa M-U ini, juga mendukung sekaligus menggenjot program Bulan Mutu Karantina dengan tema “Ikan Sehat Bermutu untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat”. Dijelaskan Kepala BKIPM Denpasar Anwar mengaku pelaksanaan Bulan Mutu Karantina di Tabanan dan Bangli sebagai bentuk gerakan kepedulian sosial yang bekerjasama dengan Made Urip sebagai satu-satunya Anggota Komisi iV DPR RI Dapil Bali untuk menyalurkan ikan sehat dan bermutu. “Kami prinsipnya membeli ikan dari nelayan di Tabanan dan Bangli yang akan menjadi sumber gizi dan kecerdasan generasi mendatang. Satu paket berisi 2 Kg ikan Jangki, Layang, Lemuru dan Tongkol. Hari ini terakhir diadakan Bulan Mutu Karantina sebagai gerakan masyarakat agar selalu mengkonsumsi ikan sehat dan bermutu. Jadi jangan hanya makan ikan saja, tapi ikannya harus sehat dan bermutu kualitasnya,” tandasnya.

1bl#ik-5/3/2021

Di samping itu, Koordinator Kelompok Hukum, Kerjasama dan Humas Sekretarit BKIPM, Asep Dadang Paswara menjelaskan Balai Karantina Ikan terus berjuang melaksanakan program Bulan Mutu Karantina BKIPM yang keenam kalinya sejak tahun 2016 yang kali ini sudah dilaksanakan kedua kalinya dari tahun 2020 lalu, saat menanggulangi dampak pandemi Covid-19. Kegiatan Bulan Mutu Karantina kali ini bisa dilanjutkan, juga berkat dukungan Made Urip yang telah dilaksanakan di 47 UPT dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Disebutkan sampai saat ini, bantuan paket ikan telah disebar ke 71 dari target 78 lokasi sebanyak 63 ribu paket yang berisi 130 ribu ton ikan. “Kali ini tidak banyak yang bisa dibagikan cuma 500 paket ikan, namun diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat di Bangli,” jelasnya, seraya mengungkapkan tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Bangli masih cukup rendah dari rata-rata nasional. “Sehingga kami berharap agar terus didukung oleh Pak Made (Made Urip, red),” pungkasnya, sekaligus meminta dukungan kepada Made Urip yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan tiga periode yang kali ini membidangi Pertanian dan Lingkungan Hidup, agar anggarannya bisa ditambah, sehingga kegiatan ini bisa berjalan setiap tahunnya.

1bl-bn#7/1/2020

Di sisi lain, Bupati Sang Nyoman Sedana Artha mengucapkan terimakasih atas kedatangan Made Urip yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan sebagai Anggota Komisi IV DPR pertama dan terlama di Bali. Bahkan terus membawa bantuan ke Bangli, baik berupa Alsintan dan lainnya termasuk bantuan paket ikan tahun ini. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Made Urip dan tentunya sangat tahu, Bangli potensinya di sektor pertanian dan berkat dukungan Pak Made Urip bisa dioptimalisasi dan dimaksimalkan membantu Kabupaten Bangli menggali potensi sumber alam seperti danau, sungai, hortikultura, seperti Jeruk Kintamani, Kopi Arabika Kintamani serta bawang merah dan bawang putih,” beber Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bangli tersebut. Sedangkan berkaitan dengan bantuan paket ikan ini, diharapkan bisa meningkatkan asupan gizi masyarakat Bangli, apalagi konsumsi makan ikan masih sangat kurang. “Mudah-mudahan masyarakat Bangli mulai suka mengonsumsi dan mencintai makan ikan secara rutin untuk meningkatkan asupan gizi, agar tidak ada anak yang tumbuh stunting. Jadi kami mengucapkan setinggi-tingginya kepada Pak Made Urip tidak melupakan Kabupaten Bangli,” tutupnya.

1th-ksm#5/2/2021

Pada saat itu, Made Urip menyampaikan 500 paket ikan ini sebagai program kerjasama Komisi IV DPR RI dengan KKP untuk membantu kegiatan sosial masyarakat, terutama dari sisi asupan gizi. Karena masyarakat yang mengonsumsi ikan akan lebih cerdas, misalnya di Jepang jauh lebih tinggi angka konsumsi ikannya, sehingga masyarakatnya sangat cerdas. ‘Jika ingin anak cerdas konsumsi ikannya harus ditambah, seperti di Bangli hanya 34 kg perorang pertahun. Meskipun kita maklumi tidak punya laut, namun Bangli punya danau, sehingga ada ikan mujair dan nila yang sangat luar biasa sebagai produk unggulan seperti Mujair Nyatnyat dan gorengannya,” jelas Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BPSAP) DPR RI ini, sekaligus meminta ibu PKK dan lansia yang diberikan paket ikan laut ini, agar dimasak dengan baik. “Yang bagus sebenarnya ikan Kembung, karena gizinya menyamai Salmon. Mudah-mudahan bantuan ikan ini ada manfaatnya, sehingga akan terus kita perjuangan dan ditingkatkan anggarannya. Karena dampak pandemi Covid-19 menyebabkan perekonomian Bali kontraksi minus 9 persen, akibat hanya bergantung di sektor pariwisata. Jadi banyak yang diberhentikan bekerja dan pulang kampung menekuni dunia pertanian. Untungnya subak abian dan basah di Bali masih kuat, karena menjadi kultur dan budaya sejak dulu,” tegas M-U, sembari menghimbau agar jangan sampai lahan produktif dijual, karena sebagai sumber kehidupan masyarakat selama ini. “Untuk itu, saya akan terus membantu sektor pertanian di Bangli, karena potensinya sangat luar biasa, seperti disampaikan oleh Bapak Bupati. Jadi cukup kuat sektor pertanian di Bangli yang harus terus dibantu dan dipertahankan,” sebut Made Urip. ama/ksm

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close