Ekonomi dan Bisnis

TPID Lakukan Langkah Kreatif Pengendalian Inflasi


Denpasar, PancarPOS | Wakil Ketua (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) TPID Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengapresiasi TPID Kabupaten Badung dan Bangli kembali meraih penghargaan TPID Award Tahun 2020. Sebagaimana diumumkan oleh Menteri Koordinator Perekonomian selaku Ketua TPIN pada acara Rakornas Pengendalian Inflasi XI pada tanggal 22 Oktober 2020. Diterangkan Trisno, TPID Kabupaten Badung kembali meraih juara untuk kategori TPID Kabupaten/Kota Berprestasi Tahun 2020 untuk Wilayah Jawa Bali. Dalam kategori yang sama, TPID Kabupaten Bangli juga kembali meraih predikat Nominasi 1. Keberhasilan TPID Kabupaten Badung dan Bangli dalam meraih prestasi tersebut tidak terlepas dari koordinasi yang baik antar instansi dan dukungan seluruh masyarakat, terangnya, Selasa (27/10/2020).

1bl#bn-26/10/2020

Adapun program inovasi yang diusung TPID Badung adalah Tingkat Sidaya dan Siaga: Peningkatan Produksi Ikan dan Daging Ayam serta Penyiapan Sistem Informasi Harga. Program tersebut ditujukan untuk meningkatkan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga ikan dan daging ayam melalui pemanfaatan aplikasi Fish-Go dan agribisnis ayam pedaging, serta mewujudkan komunikasi efektif melalui pemasangan alat LED running text perkembangan harga. Sementara program inovasi yang diusung TPID Kabupaten Bangli adalah Pesona Hortikultura Kawasan Batur dengan tujuan mendukung stabilitas harga komoditas hortikultura secara lokal maupun nasional dengan dukungan dan pemanfaatan teknologi dari hulu hingga hilir oleh petani milenial.

1th#ik-11/10/2020

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali ini juga menjelaskan bahwa Rakornas Pengendalian Inflasi yang telah dilaksanakan mengambil tema ‘Transformasi Digital UMKM Pangan untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga menuju Indonesia Maju’. Untuk itu KPwBI Provinsi Bali senantiasa mendorong TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali untuk terus melakukan inovasi dan kreatif dalam melakukan langkah-langkah pengendalian inflasi. “Agar pencapaian inflasi tetap rendah dan terkendali dalam sasaran inflasi nasional yaitu 3,0Ā±1% di 2020-2021. Selain itu, keterlibatan langsung pemimpin daerah di setiap rapat TPID sangat diharapkan. Hal ini mengingat kehadiran Gubernur, Walikota/Bupati atau wakilnya menjadi point penting dalam penilaian TPID award ini,” terang Kepala KPW BI Provinsi Bali itu. tim/ama

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button