Ekonomi dan Bisnis

Harga Emas Diprediksi Tembus Rp1 Juta Per Gram


Denpasar, PancarPOS | Harga logam mulia emas dunia terus menguat dalam beberapa hari terakhir dan tampaknya harga emas akan menguat tajam. Seperti diungkapkan Kabag Humas dan Protokoler PT Pegadaian Kantor Wilayah VII Denpasar, Made Mariawan, SE. MM., memprediksi harga emas akan bisa menembus Rp1 juta per gram. Salah satu pemicunya akibat makin tingginya permintaan investasi emas akibat dampak ekonomi wabah virus Covid-19 atau Corona. Karena itu, permintaan emas makin tinggi, karena investasi emas lebih aman ketimbang investasi lainnya, sehingga memicu harga emas makin meroket tajam dari sebelum wabah Corona muncul di berbagai belahan dunia.

1bl-bn#4/2/2020

“Harga emas kita prediksi bisa tembus diatas angka Rp1 juta per gram. Salah satunya akibat hukum permintaan dan penawaran, akibat ekonomi dunia semuanya madeg. Karena itu, sesuai hukum pasar, yang punya duit (uang, red) akan mengamankan dananya. Yang paling aman adalah dengan menaruh investasi di emas. Jadinya banyak yang membeli untuk berinvestasi emas, agar dananya lebih aman. Karena itu, harga emas akan terus naik, sebagai dampak ekonomi selama wabah Corona ini,” ujar Mariawan saat dikonfirmasi di Denpasar, Minggu (26/4/2020), seraya menambahkan, saat perekonomian menghadapi terpaan badai, investor akan beramai-ramai memburu emas untuk mencari naungan perlindungan, sehingga harga emas mengalami apresiasi.

Selain itu, berdasarkan data PT Pegadaian Kantor Wilayah VII Denpasar, saat beberapa minggu terakhir tercatat, investasi di program Tabungan Emas juga meningkat tajam. Tercatat hingga Maret 2020 penjualan tercapai Rp513,65 miliar dibandingkan Desember 2019 Rp443,73 miliar sebelum pandemi wabah Corona menyebar ke berbagai dunia. Dari sisi gadai juga melonjak tajam dengan pertumbuhan sekitar 11,16 persen hingga April 2020. Tercatat dari target Rp3,721 triliun sudah tercapai Rp3,770 triliun hingga menjelang akhir April 2020. “Secara produk total pertumbuhannya mencapai 10,60 persen. Terbesar adalah Produk Ultra Mikro sebesar 87,65 persen. Disusul oleh produk Arrum Haji Tabungan Emas sebanyak 77,98 persen,” beber Mariawan.

3bl-ik#4/2/2020

Pihaknya juga menjelaskan, selama wabah pandemi Corana, juga telah melakukan penyesuaian jam kerja sesuai anjuran pemerintah. Untuk Kantor Cabang PT Pegadaian dibuka pukul 09.00 Wita sampai pukul 16.00 Wita yang sebelumnya sudah buka pukul 07.30 Wita sampai 16.30 Wita. “Kalau Kanwil sudah buka 08.30 Wita sampai 16.30 Wita. Selain itu juga menerapkan protokol pencegahan wabah virus Corona dengan wajib jaga jarak dengan memakai masker dan cuci tangan,” terang Mariawan menambahkan. Seperti diketahui, spot harga emas pada perdagangan dunia terus menguat 0,92% di level US$ 1.703/troy ons. Selain itu, dalam setahun terakhir, harga emas berjangka melesat 30,58%. Sementara itu, harga emas logam mulia acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) Minggu (26/4/2020) sudah menembus sebesar Rp 899.000/gram. aka/ama/jmg

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close