Ekonomi dan Bisnis

Percepatan Perekonomian Desa, Bank BPD Bali Cabang Karangasem Digitalisasi Bumdes dan Bumkel


Karangasem, PancarPOS | Bank BPD Bali Cabang Karangasem kembali menjalin sinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dan Badan Usaha Milik Kelurahan (BUMKel) di Kabupaten Karangasem. Selama ini, kerjasama dengan Bank BPD Bali berjalan dengan baik untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian desa. Apalagi kebijakan otonomi daerah mendorong strategi pengembangan BUMDesa tidak semata dari aspek target pertumbuhan ekonomi, akan tetapi yang lebih penting adalah menciptakan aktivitas ekonomi yang kondusif di tingkat desa seperti mendorong peningkatan pendapatan masyarakat sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara luas.

1bl-bn#5/1/2020

Seperti diungkapkan Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Ketut Andayana Kusuma Yasa, SE.MM., menyebutkan 73 BUMDesa dan Bumkel di Kabupaten Karangasem diharapkan dapat menjadi garda terdepan untuk meningkatkan percepatan perekonomian desa, sehingga digitalisasi pembayaran yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi Bumdes antara lain, sebagai tolak ukur transfomasi digital organisasi, peningkatan fee based income bagi Bumdes dapat meningkatkan literasi masyarakat. “Kita harapkan program digitalisasi Bumdes dan Bumkel dapat dilakukan dengan mengadopsi produk Bank BPD Bali, antara lain Internet Banking Bisnis, Agen Mailaku, QRIS serta program KUR Mesari Bank BPD Bali,” ungkapnya di Museum Pustaka Lontar Karangasem, Rabu (24/11/2021).

1bl#ik-7/11/2021

Dikatakan, muara dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatnya transaksi non tunai masyarakat dalam melakukan pembayaran penerimaan Pemkab Karangasem melalui percepatan digitalisasi yang dimulai dari desa, sehingga harapan pendapatan asli daerah (PAD) dapat ditingkatkan sebagai salah satu sarana optimalisasi pendapatan pajak dan retribusi daerah. “Pembayaran kredit di Bank BPD Bali bisa dilakukan oleh masyarakat di BUMDes. Jadi melalui sinergi ini, kami harapkan Karangasem menjadi percontohan literasi digital non tunai masyarakat dari program pemerintah dan Bank Indonesia,” ujarnya.

1bl#ik-5/11/2021

Di sisi lain, Bupati Karangasem yang diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karangasem, I Komang Agus Sukasena, S.IP, MAP., mengharapkan agar Bank BPD Bali dapat menciptakan konsep kemitraan dengan cara menjadikan BUMDesa sebagai binaan Bank BPD Bali guna menghadapi permasalahan pengusaha mikro kecil yang ada di Kabupaten Karangasem, sehingga dapat dibantu permodalan, peningkatan kapasitas dan memasarkan hasil produksi melalui BUMDesa. “Bupati Karangasem menyambut baik dan mengapresiasi acara Sosialisasi Produk Bank dengan BUMDesa dan BUMKel semoga dapat bermanfaat untuk mendorong pemberdayaan perekonomian masyarakat di perdesaan,” tegasnya.

1bl#bn-07/11/2021

Pada kesempatan itu, diserahkan juga Surat Penunjukan Agen Mailaku secara simbolis kepada Bumdes Lumbung Sejahtera sebagai perwakilan Bumdes yang telah bekerjasama dengan Bank BPD Bali melalui program Mailaku Bank BPD Bali. tim/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close