Ekonomi dan Bisnis

Optimis Capaian 2024, Kinerja Bank BPD Bali Tumbuh Positif


Surabaya – Malang, PancarPOS | Menginjak usianya ke 62 tahun, Bank BPD Bali mampu mempertahankan eksistensinya yang salah satunya dapat dilihat dari pencapaian kinerja selama periode Januari-Mei 2024. Pencapaian tersebut menunjukan tren positif dari pertumbuhan kinerja keuangan yang signifikan. Berdasarkan data, periode lima bulan pertama tahun 2024, Bank BPD Bali telah membukukan total asset senilai Rp36,5 triliun, tumbuh signifikan sebesar 13,84% jika dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya Rp32,04 triliun.

1th#ik-072.21/8/2023

Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, SH., MH., mengatakan capaian positif tersebut tidak terlepas dari kepercayaan stakeholder serta masyarakat Bali terhadap produk/layanan Bank BPD Bali. Digitalisasi bukan lagi pilihan melainkan keahlian mutlak yang harus diterapkan di setiap lini kehidupan termasuk perbankan. Berpegang dengan visi untuk menjadi Bank yang kuat, berdaya saing tinggi dan terkemuka dalam melayani UMKM serta berkontribusi bagi pertumbuhan perekonomian daerah, tentunya Bank BPD Bali senantiasa menunjukkan langkah aktif dalam berbagai bentuk pendanaan, pengembangan jaringan, infrastruktur serta pelatihan dan pendidikan finansial atau technical assistance kepada mitra dengan tujuan meningkatkan kemampuan dalam memberikan layanan keuangan kepada masyarakat. “Tentu saja tanpa dukungan dari pemerintah daerah serta masyarakat Bali, kami di manajemen tidak akan mampu memberikan kontribusi positif. Karena dukungan tersebut sangat berharga dalam menjadikan Bank BPD Bali sebagai bank milik masyarakat di sini,” ujar Sudharma di sela-sela Media Gathering di Surabaya – Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (22/06/2024).

Dijelaskan lebih lanjut, semakin normalnya industri pariwisata yang merupakan tulang punggung perekonomian Bali juga menambah daya dukung kinerja perseroan. Semakin lancarnya aktivitas perekonomian ikut menopang pertumbuhan kinerja Bank BPD Bali. Hal tersebut bisa dilihat dari tumbuhnya dana pihak ketiga (DPK) sebesar 15%, yakni mencapai 30,97 triliun dari periode Mei 2023 senilai Rp26,9 triliun. Penopang utama pertumbuhan DPK tersebut berasal dari Tabungan senilai Rp16,4 triliun, Deposito Rp9,6 triliun, dan Giro Rp4,8 triliun. Peningkatan DPK ini menjadi salah satu bukti bahwa kepercayaan masyarakat terhadap bank yang berkantor pusat di Kota Denpasar ini masih sangat kuat dan terus meningkat setiap tahunnya. Tidak hanya fungsi menghimpun dana nasabah yang tumbuh signifikan, Bank BPD Bali juga membuktikan sebagai fungsi intermediasi dengan capaian positif dalam hal penyaluran kredit.

1th#ik-029.4/6/2024

Pada akhir Mei 2024 ini, total kredit yang disalurkan oleh Bank BPD Bali mencapai Rp21,6 triliun atau tumbuh sebesar 6,43% jika dibandingkan dengan akhir Mei 2023, Rp 20,37 triliun. Bank BPD Bali terus berusaha mendorong peningkatan penyaluran kredit kepada masyarakat melalui berbagai program dan pendekatan langsung agar masyarakat dipermudah mendapatan akses. Salah satunya melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sangat membantu dalam menggerakkan UMKM di Bali pada khususnya. Selain itu, Bank BPD Bali kembali meluncurkan program Kredit Usaha untuk Sejahtera Unggul & Maju (Kusuma) yang diperuntukkan bagi debitur KUR Kecil yang tidak dapat memperoleh KUR kembali dan selanjutnya di prospek menjadi debitur kredit komersial dengan plafon kredit menyesuaikan dengan kemampuan membayar (repayment capacity) debitur serta tetap memperhatikan asas kehati-hatian, sampai dengan Mei 2024 posisi kredit UMKM sebesar 50,37%. Bank BPD Bali optimis sudah berada di jalur yang sangat baik untuk mencapai target yang telah ditetapkan di awal tahun ini. Setidaknya hal tersebut sudah tercermin dari terjaganya indikator keuangan, yakni CAR 24,5%; ROA 3,73%; ROE 29,51%; NIM 6,67%; BOPO 66,07%; LDR 70,02%. Bahkan, indikator NPL Gross yang menjadi acuan potensi kredit bermasalah terjaga di angka 1,39% pasca berakhirnya relaksasi kredit dampak pandemi Covid-19.

1bl#ik-028.16/6/2024

“Berbagai inovasi yang dikerahkan, baik melalui produk maupun layanan perbankan tersebut membuahkan hasil yang dibuktikan dengan berbagai apresiasi dari pemerintah daerah/provinsi hingga nasional yang diraih oleh Bank BPD Bali. Teranyar, penghargaan yang diterima adalah dari media nasional, yaitu CNN Indonesia dengan kategori Best Digital Innovations, Best Risk Management dan Outstanding Business Ethics of The Year dan penghargaan dari Infobank dengan kategori Golden Champion Excellent Financial Performance in 5 Consecutive Years 2019-2023 serta apresiasi dari The Iconomics sebagai 5th indonesia Top Bank Awards 2024 in KBMI 1 Category,” tutupnya. tim/ama/kel:

Baca Juga :


Back to top button