Politik dan Sosial Budaya

Made Urip Turba Tanamkan 4 Pilar Kebangsaan di Desa Lumbung


Tabanan, PancarPOS | Usai menghadiri beberapa titik undangan sosial dan aspirasi, Anggota MPR RI, Drs. I Made Urip, M.Si., kembali Turba menemui masyarakat di pelosok desa. Kali ini, Ketua DPP PDI Perjuangan membidangi Pertanian, Kehutanan dan Lingkungan Hidup ini, menamkan kembali pemahaman 4 Pilar Kebangsaan yang dipusatkan di Kantor Perbekel Desa Lumbung, Selemadeg Barat, Tabanan, Jumat (16/9/2022). Sosialisasi kali ini, menghadirkan narasumber yang juga Anggota DPRD Bali, I Ketut Suryadi yang biasa dipanggil Boping bersama I Wayan Gunadi beserta Anggota DPRD Tabanan yang juga Ketua PAC PDI Perjuangan Selemadeg Barat, Ni Nyoman Ayu Wahyuni alias Men Lilik serta pengurus Ranting dan Anak Ranting se-Kecamatan Selemadeg Barat.

1th#ik-14/8/2022

Pada kesempatan itu, juga hadir bendesa adat, kelian banjar, pekaseh, serta ibu-ibu PKK bersama anggota dan pengurus STT se-Kecamatan Selemadeg Barat. Kedatangan Wakil Rakyat Sejuta Traktor yang akrab disapa M-U itu, ternyata sudah lama ditunggu-tunggu untuk memberikan pemahanan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat. Seperti diungkapkan oleh salah satu warga yang juga Ketua BumDes Kerta Rahayu, Desa Lumbung, Ni Wayan Muliyawati, SP., menyampaikan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digenjot Made Urip ini, sangat penting dan dibutuhkan oleh semua warga dan masyarakat. Karena itu, warga desa mengucapkan terima kasih telah diberikan sosialisasi seperti ini, karena bisa tahu dan paham kembali mengenai nilai-nilai kebangsaan yang harus diterapkan dalam kehidupan di masyarakat. “Kami sangat mengharapkan selalu sosialisasi semacam ini, apalagi mendatangkan langsung Bapak Made Urip ke desa kami,” tandasnya.

Perbekel Desa Lumbung, I Wayan Urata menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Made Urip untuk melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, sekaligus menyambut HUT ke-75 Monumen Perjuangan di Desa Lumbung. Apalagi semua warga di Desa Lumbung sudah mengenal Made Urip, sehingga selalu meminta pentunjuk dan arahan untuk memajukan Desa Lumbung bersama Ketut Suryadi dan Ayu Wahyuni, khususnya untuk melanjutkan tonggak perjuangan di Desa Lumbung. Pihaknya meminta Made Urip bisa terus mendukung semangat warga dan masyarakat yang ikut memperjuangan berdirinya Patung Pahlawan di Desa Lumbung. “Kegiatan sosialisasi ini, juga untuk menyambut HUT ke-75 Monumen Perjuangan ini, diharapkan bisa berlangsung dengan lebih meriah,” bebernya.

12th#ik-1/8/2022

Di sisi lain, Made Urip menyampaikan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini, dirangkai dengan kegiatan menyambut HUT Monumen Perjuangan Desa Lumbung Tahun 2022. Dikatakan 4 Pilar Kebangsaan ini sebagai komitmen bangsa dan negara yang digagas oleh mantan Ketua MPR RI, Taufik Kiemas akibat adanya rongrongan negara dari dalam dan luar negari, seperti upaya mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lain. Karena itu, komitmen ini dikukuhkan oleh MPR RI sebagai 4 Pilar Kebangsaan yang menjadi tiang negara yang harus terus dijaga, yakni pilar pertama Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara sebagai harga mati, pilar kedua UUD 1945 sebagai konstitusi negara, pilar ketiga NKRI sebagai bentuk negara dan pilar keempat Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Karena itulah, Anggota Komisi IV DPR RI terpilih 5 periode dengan 255.130 suara terbanyak Dapil Bali dan ranking ke-7 nasional ini, menegaskan setiap Anggota MPR RI diwajibkan terus melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya bagi generasi muda sampai warga negara yang tinggal ke luar negeri. “Inilah pentingnya pemahaman 4 Pilar Kebangsaan yang harus dijaga dengan betul dan diimplemetasikan dengan baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” beber M-U. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button