Politik dan Sosial Budaya

Dapat 15 Gram Lencana Emas, 45 Anggota DPRD Badung Siap Dilantik


Badung, PancarPOS | Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Badung mulai menyiapkan pelantikan anggota DPRD Badung periode 2024-2029. Hal ini menyusul telah diterimanya surat penetapan anggota DPRD Badung periode 2024-2029 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung pada 2 Mei 2024. Dengan bertambahnya lima kursi menjadi 45 kursi, dipastikan akan ada empat pimpinan DPRD pada pelantikan 4 Agustus 2024.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Badung I Gusti Agung Made Wardika, mengatakan sebagai tindak lanjut telah diterimanya penetapan nama-nama anggota DPRD Badung periode 2024-2029, Sekretariat DPRD (Setwan) Badung telah menyurati masing-masing calon anggota untuk melakukan persiapan. Sesuai jadwal pelantikan akan digelar pada 4 Agustus 2024. “Ya, pelantikan dipastikan tanggal 4 Agustus 2024 dan kami sudah surati para anggota agar mempersiapkan diri,” ujarnya di Kantor DPRD Badung, pada Senin (6/5/2024).

Pihaknya juga telah mempersiapan fasilitas dan hak-hak yang akan diberikan kepada anggota DPRD Badung sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sebagai tahap awal anggota DPRD Badung akan menerima empat stel pakaian seragam dan dua lencana emas. “Anggota DPRD Badung yang baru nanti dapat empat stel seragam dan dua lencana. Lencananya ada 5 gram dan 10 gram,” kata Agung Wardika.

Kemudian bagi anggota DPRD periode 2019-2024, kata Agung Wardika, sesuai ketentuan semuanya akan menerima uang purna bhakti. Termasuk anggota dewan yang di periode 2019-2024 yang terpilih kembali di periode 2024-2029 juga akan menerima purna bhakti. “Untuk dewan lama sesuai ketentuan dapat uang purna bhakti. Besarannya enam kali uang representasi,” beber mantan Kabag Tapem Setda Badung ini.

Sementara itu, dengan penambahan lima kursi DPRD dari sebelumnya 40 kursi menjadi 45 kursi, Agung Wardika menyebut akan ada perubahan komposisi pimpinan dewan, yang mana di periode sebelumnya sebanyak tiga pimpinan, kemudian di periode 2024-2029 menjadi empat pimpinan. “Dengan penambahan jumlah kursi ini, komposisi pimpinan DPRD juga berubah menjadi ada empat pimpinan sekarang, yakni satu Ketua DPRD dan tiga Wakil Ketua DPRD,” jelasnya.

Penambahan kursi ini juga turut membuatnya memikirkan perombakan ruangan. Pihaknya mengaku sudah memasukkan rancangan penambahan ruangan baru untuk anggota DPRD Badung. Anggaran disiapkan melalui APBD Induk 2024. Menurut rencana, tiga ruangan pimpinan sebelumnya tetap digunakan sebagaimana mestinya. Sedangkan ruang Wakil Ketua III akan menggunakan ruang Badan Kehormatan (BK). Kemudian ruang BK akan digeser menggunakan ruang staf Setwan Badung. “Kami juga sudah rancang penambahan ruangan untuk anggota baru, karena dari 40 sekarang total anggota dewan menjadi 45,” tandasnya. mas/ama/*

Baca Juga :


Back to top button