Olahraga dan Pendidikan

Prodi Arsitektur FT Unud Tandatangani PKS dengan Prodi Arsitektur Universitas Pembangunan Jaya 


Denpasar, PancarPOS | Program Studi Arsitektur FT Universitas Udayana (UNUD) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dengan Program Studi Arsitektur Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) pada Senin, 1 Agustus 2022. Kerja sama ini dilakukan untuk lingkup program kegiatan pertukaran mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pertukaran mahasiswa merupakan salah satu skema dari 8 skema program MBKM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  Republik Indonesia, dimana salah satu isi dari program ini adalah mahasiswa mempunyai 1 kali kesempatan untuk belajar pada program studi yang sama, pada perguruan tinggi yang berbeda, tentunya harus didukung dengan perjanjian kerja sama antar perguruan tinggi, sehingga proses transfer/alih kredit perkuliahan dapat terlaksana dengan baik.

Dalam hal ini, Program Studi Arsitektur UPJ merupakan salah satu pemenang hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka 2021 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, untuk melaksanakan program MBKM, dimana Program Studi Arsitektur FT UNUD merupakan salah satu mitra kerja sama untuk pelaksanaan program MBKM tersebut pada skema pertukaran mahasiswa.

Pada kegiatan ini, kehadiran pihak Program Studi Arsitektur UPJ diwakili oleh Ibu Ratna Safitri, S.T., M.Ars., selaku Ketua Program Studi, didampingi oleh 3 orang dosen. Kehadiran pihak Program Studi Arsitektur UPJ tersebut diterima oleh Dekan Fakultas Teknik UNUD, Bapak Ir. I Ketut Sudarsana, S.T., Ph.D., beserta perwakilan dari Program Studi Arsitektur FT UNUD yang diwakili oleh Koordinator Program Studi, Ibu Tri Anggraini Prajnawrdhi, S.T., M.T., MURP, Ph.D., Ketua MBKM Program Studi, Bapak Antonius Karel Muktiwibowo, S.T., M.T., Ph.D., Sekretaris MBKM Program Studi, Bapak I Nyoman Widya Paramadhyaksa, S.T., M.T., Ph.D., dan anggota tim MBKM Program Studi, Ibu Ni Luh Putu Eka Pebriyanti, S.T., M.Sc.

Kegiatan perjanjian kerja sama ini dilakukan dengan membuat kesepakatan penawaran mata kuliah dari masing-masing pihak (Arsitektur FT UNUD dan Arsitektur UPJ), yang dapat diambil oleh mahasiswa peminat program pertukaran mahasiswa MBKM nantinya. Adapun beberapa mata kuliah, baik dari Program Studi  Arsitektur FT UNUD dan dari Program Studi Arsitektur UPJ yang akan ditawarkan kepada mahasiswa untuk program pertukaran mahasiswa MBKM ini, terdiri dari penawaran 12 mata kuliah pilihan dari Program Studi Arsitektur UNUD yaitu : Perancangan Ruang Dalam, Arsitektur Sakral, Arsitektur Pintar, Evaluasi Purna Huni, Perundagian, Hospitality Design, Arsitektur Lansekap, Real Estate, Perencanaan Kota, Perancangan Kawasan Destinasi Pariwisata, Permukiman Lanjut, dan Perancangan Kota Lanjut. Terdapat 6 mata kuliah yang ditawarkan oleh pihak Program Studi Arsitektur UPJ untuk semester gasal tahun ajaran 2022/2023, yang terdiri dari : Perancangan Arsitektur 3 (konteks bangunan hijau), Perancangan Arsitektur 5 (mixed-use), Perancangan Ruang Dalam, Perancangan Ruang Luar, dan Arsitektur Hijau.

Kegiatan penandatanganan PKS ini diharapkan dapat memperluas kesempatan bagi mahasiswa dari kedua belah pihak, baik Program Studi Arsitektur UPJ dan Program Studi Arsitektur FT UNUD untuk menambah wawasan kebangsaan antar mahasiswa, mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa dalam kemampuan bergaul dengan beragam latar belakang untuk meningkatkan nilai persatuan dan nasionalisme, serta bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif (academic exellent) pada masing-masing perguruan tinggi.

“Adanya rencana kegiatan kerja sama di atas merupakan salah satu bentuk implementasi dari PKS antara pihak UNUD dan pihak UPJ, sekaligus merupakan bentuk implementasi dari PKS Konsorsium MBKM antara Fakultas Teknik UNUD dengan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia, salah satunya adalah UPJ”, tutur Ibu Tri Anggraini, selaku Koordinator Program Studi Arsitektur FT UNUD. jubir unud/*

Sumber: www.unud.ac.id

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close