Daerah

Bupati Temanggung Canangkan Gerakan Pemantaan Tani Pekarangan di Hari Tani


Temanggung, PancarPOS | Peringatan Hari Tani dan Pencanangan Gerakan Pemanfaatan Tani Pekarangan Pemerintah Kabupaten Temanggung dipusatkan di Desa Klepu Kecamtan Pringsurat, Senin (28/9/2020). Bupati Temanggung HM Al Khadziq hadir dalam peringatan tersebut sekaligus mencanangkan gerakan pemanfaatan tani pekarangan di Kabupaten Temanggung. Acara tersebut juga di hadiri Wakil Bupati, Ketua Tim Penggerak PKK, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sekdin Dinpermades, Camat Pringsurat dan seluruh Kepala Desa se Kec Pringsurat.

1bl#bn-14/9/2020

Acara diawali dengan panen hasil tani pekarangan dan penanaman pohon warga Desa Klepu Pringsurat. Sasaran Program Tani Pekarangan (square food garden) adalah RTM (Rumah Tangga Miskin) dan kelompok wanita tani. Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari tani pekarangan ini adalah meningkatkan kemandirian desa dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi rumah tangga, meningkatkan efesiensi pengeluaran rumah tangga dan meningkatkan pendapatan rumah tangga.

“Pada era pandemi covid-19, pangan merupakan kebutuhan masyarakat yang harus selalu terjaga ketersediaannya sampai ke skala rumah tangga dalam jumlah yang cukup dan aman untuk dikonsumsi, oleh karena itu, tani pekarangan merupakan program yang tepat dilaksanakan,” tambahnya. Dengan pencanngan ini Bupati berharap agar masyarakat mulai memanfaatkan pekarangan melalui tani pekarangan sekecil apapun itu, karena apabila pekarangan dimanfaatkan dengan baik akan dapat meningkatkan ekonomi dan mengurangi pengeluaran rumah tangga.

1bl#bn-28/8/2020

“Ayo kita tularkan program ini ke seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung sehingga masyarakat tambah sejahtera,” tandasnya. Ditempat yang sama, Kepala Desa Klepu Endro P melaporkan bahwa masyarakat Desa Klepu Pringsurat sudah mengawali program ini semenjak bulan agustus lalu dan masyarakat sudah merasakan hasilnya dari bercocok tanam dipekarangan masing-masing, Mereka sudah bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dari hahsil tani pekarangan. mas/ama

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button