Pariwisata dan Hiburan
Trending

“Bali 5” Unjuk Gigi, Lima Pelukis Asal Bali Gelar Pameran Perdana


Badung, PancarPOS | Kualitas dan kreatifitas pelukis asal Bali tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya karya-karya goresan tangan dari “Bali 5” yang telah bergabung lima pelukis kawakan yang akan unjuk gigi di ajang pameran lukisan perdananya. Lima artis seni rupa itu, yakni I Made Wiradana, I Made Bakti Wiyasa, I Nyoman loka Suara, Pande Yoman Alit W.S. dan Ni Wayan Sutariyani. Kegiatan pameran lukisan kali ini support penuh oleh Chanceforchange e.v., Mr. Ernst dan Dian Flugel. Pameran akan digelar mulai Sabtu besok (23/7/2022) di area Villa Sri Malen, Jl. Pantai Berawa Gg. Sakura No.7, Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

Villa Sri Malen:
https://maps.app.goo.gl/oRU1V7DFbFtWngRT

1th#ik-19/7/2022

“Tema akan mengangkat tentang Bali Modern sampai situs situs pura. Jadi ini mempunyai ciri khas yang tetap mengangkat tema Bali 5,” beber Ni Wayan Sutariyani, saat jumpa pers bersama awak media di Villa Sri Malen, Jumat (22/7/2022), seraya mengaku sebelumnya Bali 5 hanya saling dukung dan support selama ini dan melukis bareng, tapi pameran barengnya baru pertama kali ini. “Kami sangat bangga menjadi host pameran Bali 5 yang pertama. Pada awalnya, kami adalah orang asing yang berkumpul secara online untuk tujuan yang baik. Sekarang kami adalah teman yang ingin membuat perbedaan bersama melalui seni,” imbuhnya.

Pameran dengan berbagai karya lukisan dari Bali 5 ini, juga sebagai tanda bahwa Bali telah bangkit dari dampak pandemi Covid-19. Bahkan mereka tidak pernah berdiam diri dan terus menambah karya yang kini ajak ditampilkan dalam ajang pameran Bali 5. “Selama pandemi lebih fokus dan lebih banyak berkarya dan malah lebih produktif,” pungkasnya. Di sisi lain, I Nyoman loka Suara yang sudah sangat sering memajang karyanya di berbagai pameran lukisan itu, mengungkapkan Bali 5 itu adalah angka lima dengan huruf V ini yang diambil dari huruf sastra Bali. “Ibu jari yang perempuan dan berurutan kami berlima dan sangat cocok,” bebernya. Disebutkan pameran Bali 5 ini adalah cita-cita, karena sebelumnya tidak pernah ketemu.

1bl#ik-1/6/2022

“Dan akhirnya kita semua ketemu membuat pameran lukisan. Pembukaan besok (Sabtu, red) jam 5 sore,” tambah I Made Bakti Wiyasa. “Just do it (lakukan saja) dan sesuatu yang baru akan tercipta. Itulah semangat Bali 5 yang sangat kami sukai. Dalam hal ini, persahabatan Jerman-Indonesia yang indah tumbuh bersama Wayan, Alit, Made, Loka dan Bakti. Terima kasih atas komitmen, dukungan dan persahabatan Anda,” kata Dian Flugel. Sebagian dari hasil penjualan karya seni disumbangkan untuk perlindungan hutan hujan di Kalimantan: Proyek Long Sam didirikan pada tahun 2021 oleh Helmut Huber (fans for nature e.V.), Linus KrisƟanto (CAN Borneo) dan Hans-Joachim Schmid (Rotary Club Bali Ubud Sunset).

“Visinya adalah untuk membawa perlindungan ekonomi, satwa dan lingkungan yang selaras dengan penduduk setempat,” bebernya, sekaligus menjelaskan hutan hujan pada dasarnya mencegah pelepasan CO2. Tergantung pada kepadatannya, antara 170 dan 250 ton per hektar. Rata-rata, diharapkan 200 ton. Fans for nature saat ini bertanggung jawab atas 62.000 hektar dan dengan demikian mengikat 12,4 juta ton CO2. Angka-angka ini bisa menjadi dua kali lipat jika sumber daya keuangan tambahan tersedia.

1bl#ik-21/7/2021

Agar dapat terwakili secara hukum di Indonesia, Yayasan (asosiasi terdaftar di Indonesia) Hutan Masa Depan didirikan. Dua perwakilan dari fans for nature e.V. adalah anggota dewan.Ada juga kerjasama dengan NGO lain dan hubungan dekat dengan lembaga pemerintah lokal dan nasional. chanceforchange e.V. senang menjadi bagian dari Proyek Long Sam karena hutan hujan adalah paru-paru ibu bumi dan adalah tanggung jawab manusia untuk melindungi hutan hujan.

“Kita membutuhkan kemitraan untuk mencapai tujuan yang berkelanjutan. Terima kasih banyak kepada fans for nature e.V., Can Borneo, Hutan Masa Depan dan Bali 5 atas dukungan mereka terhadap Aksi Iklim, salah satu dari 17 tujuan UN Sustainable Development Goal. Ernst dan Dian Flügel atas nama chanceforchange e.V,” tutupnya. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close