Olahraga dan Pendidikan

PS Informatika FMIPA Unud Gelar Informatics International Workshop


Badung, PancarPOSBertempat di Ruang laboratorium Komputer FMIPA lantai 3, Program Studi Informatika menggelar Informatics International Workshop dengan menghadirkan 3 narasumber dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Agus Muliantara, S.Kom, M.Kom mengucapkan terima kasih dan ucapan selamat datang kepada Dekan FMIPA Prof. Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc, P.hD, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Dr. Agus Sanjaya ER, S.Kom, M.Kom yang sudah hadir memenuhi undangan, serta para narasumber Dr. Baskoro Adi Pratomo, Hudan Studiawan, Ph.D, serta Ratih Nur Esti Anggraini, Ph.D, dan juga para peserta workshop yang sudah hadir dalam Informatics International Workshop ini.

Agus menyampaikan, workshop ini dilaksanakan secara hybrid dengan peserta terdiri atas Jepang 2 orang, Fipipina 4 orang, UK 1, Malaysia 6 orang, serta 89 orang dari Informatika FMIPA Unud.

Dekan FMIPA Universitas Udayana, Prof. Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc, P.hD menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada para narasumber yang sudah berkenan hadir meluangkan waktunya melakukan sharing knowledge kepada para mahasiswa FMIPA pada khususnya dan pada masyarakat pada umumnya. Watiniasih yakin narasumber yang dihadirkan merupakan narasumber yang sangat berkompeten dalam bidangnya.

Informatics International Workshop ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan informatika kepada mahasiswa, yakni hal-hal baru yang mungkin belum tersampaikan dalam perkuliahan dapat lebih dipahami pada kegiatan seperti saat ini. Tidak lupa Watiniasih menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja keras dalam melaksanakan sehingga kegiatan international workhsop ini dapat terlaksana.

Selepas sambutan dan pembuakaan oleh Dekan FMIPA, Informatics International Workshop dilanjutkan diisi dengan materi-materi sebagai berikut: (1) Malware Analysis using static and dynamic analysis oleh Dr. Baskoro Adi Pratomo; (2) Writing Academic paper using Latex oleh Hudan Studiawan, Ph.D, dan (3) Text Classification using python oleh ibu Ratih Nur Esti Anggraini, Ph.D.

Selama 3 jam pelaksanaan workshop, para narasumber dihujani berbagai pertanyaan dari para peserta, baik peserta dari lokal Udayana maupun peserta dari luar Udayana yang hadir secara hybrid.  Sebelum berakhir, workshop juga diisi dengan sesi sharing session dari para asisten mahasiswa Angela Oryza Prabowo, Nur Muhammad Ainul Yaqin, dan Mohammad Fadhil Rasyidin Parinduri yang sengaja di ajak oleh para narasumber untuk membantu peserta praktek langsung. Asisten yang terdiri atas 3 orang mahasiswa semester 7 dari ITS ini memaparkan topik tugas akhir yang saat ini sedang dikerjakan.

Acara workshop berakhir pada pukul 16.30 yang ditandai dengan penyerahan sertifikat narasumber kepada para pembicara dan sesi foto bersama.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4288-Malware-analysis-Text-Classification-dan-Latex-dalam-Informatics-International-Workshop.html

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button