Ekonomi dan Bisnis

Bangkitkan UMKM di Bali, Webminar Bank BPD Bali Tembus 5 Ribu Peserta


Denpasar, PancarPOS | Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2021, sekaligus serangkaian HUT ke-59 Bank BPD Bali menggelar Webminar “UMKM Bangkit bersama Bank BPD Bali” di Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar, Kamis (20/5/2021). Webminar yang bekerjasama dengan STIMIK Primakara dan BeKraf Kota Denpasar ini, sejalan dengan visi dan misi Bank BPD Bali sebagai bank yang berdaya saing tinggi dan fokus dalam melayani UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang mendapat respon dan sambutan luar biasa pelaku usaha, khususnya UMKM di Bali.

1bl#ik-11/5/2021

“Tema Webminarnya kan UMKM Bangkit bersama Bank BPD Bali, karena di masa pandemi tidak bisa bertemu langsung. Untuk itu kita ingin sharing lewat virtual dengan sekitar 1.900 UMKM yang live chat, karena nambah terus dan tembus hingga 5 ribu dari terget 1.500 peserta,” beber I Gusti Ayu Citrawati, SE., selaku Kepala Divisi (Kadiv) Kredit Bank BPD Bali. Webminar ini sebagai wujud nyata kepedulian Bank BPD Bali terhadap UMKM di masa pandemi Covid-19, sekaligus meningkatkan kapasitas UMKM di Bali. Selain itu, juga ingin lebih mengenalkan layanan Bank BPD Bali di mata UMKM yang banyak usahanya kembali nol, sehingga diharapkan bisa bertahan hingga pulih di masa pandemi.

1bl#bn-10/5/2021

“Setiap kejadian atau musibah seperti pandemi ini, usaha UMKM yang terdampak negatif kena pertama. Tapi UMKM yang bisa lebih cepat recovery dan cepat bangkit dibanding usaha yang lebih besar. Karena itu, sekitar 5 ribu yang ikut mendaftar bisa dapat stimulus tidak saja uang Rp1 juta, tapi juga dididik dan dibina menjadi UMKM nasakah Bank BPD Bali maupun debitur,” jelasnya. Pada kesempatan itu, Direktur Operasional Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Setia Yasa, S.Kom., MM., menegaskan Webminar ini sebagai program kerjasama tahap kedua yang berbarengan dibranding bersama HUT ke-59 Bank BPD Bali. Kegiatan Webinar ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk percepatan pemulihan ekonomi Bali yang tertekan akibat pandemi Covid-19.

1bl#ik-11/5/2021

Untuk itu, Bank BPD Bali terus berupaya mendorong pemulihan ekonomi Bali dan nasional melalui peningkatakan dan pemberdayaan UMKM. “Kalau di sisi arahan sangat jelas memberdayakan UMKM yang ada di Bali. Karena di Denpasar sebagai barometer ada BeKraf-nya, maka kita mencoba bersinergi dan gandeng bersama secara online. Kalau secara offline kan sudah ada Pameran Bali Bangkit di Art Center dan di Kebon Vintage,” jelas Gus Setia sapaan akrabnya, seraya menyampaikan dari sisi produksi UMKM di masa pandemi sangat sulit mengakses pasar secara offline, sehingga butuh akses pasar lewat online untuk menemukan costumer. “Inilah salah satu tujuan kita mendatangkan narasumber, baik dari sisi pasar secara online. termasuk kemasan produk. Karena kemasan tidak saja bagus dan menarik, tapi juga harus sehat serta layak dikomsumsi atau digunakan oleh konsumen,” tutupnya.

1th#ik-10/5/2021

Sementara itu salah satu narasumber, Daniel Tumiwa selaku Bussines Development mendorong agar mimpi mendirikan usaha jangan kecil, tapi agar diatas 100 persen. Karena internet dan perangkat pemasaran sangat murah dengan modal lebih kecil dan sangat banyak yang membantu, seperti Bank BPD Bali. “Mimpinya jangan jasa atau produknya hanya untuk lingkungan di Bali saja, tapi mainsetnya harus global. Jadi bagaimana melihat peluang pasar yang lesu di lingkungan kita mungkin tidak laku, tapi negara lain justru banyak mencari barang kita. Jadinya kita harus terus punya mainset terus mencari peluang,” katanya sembari menyebutkan jika dulu hal itu sangat sulit dilakukan, tapi sekarang sudah ada internet. “Dan kita bisa bertanya dulu apa yang perlu dan diinginkan oleh netizen sebagai pemakai produk atau jasa kita,” imbuhnya.

1th-ksm#5/2/2021

Narasumber lain, Steven Samudra selaku Digital Entrepreneur, menambahkan jika sudah punya mimpi dan rencana bisnis bisa melangkah untuk memperkuat usaha membentuk tim atau perusahaan, agar bisa bergerak dengan kemampuan yang berbeda-beda. Penggabungan skil ini akan menjadikan kekuatan yang lebih besar di masa pandemi ini. “Jadi jangan takut memulai dan jangan takut untuk bermitra. Apalagi memakai nama brand Bali yang sudah terkenal di manca negara,” pungkasnya. ama/ksm

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close