Olahraga dan Pendidikan

Tancap Gas Bertransformasi PTNBH, Unud Gelar Workshop “Menyatukan Aspek Jurnalistik untuk Publikasi”


Badung, PancarPOS | Tim Juru Bicara Universitas Udayana (Jubir Unud) menggelar Workshop “Menyatukan Aspek Jurnalistik untuk Publikasi” Dalam Rangka Transformasi PTNBH Menuju Internasionalisasi Universitas Udayana di Jimbaran Bay, Desa Kedongan, Badung, Selasa (18/10/2022). Kegiatan yang dibuka langsung Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., tersebut, juga sebagai salah satu upaya Unud yang sedang tancap gas bertransformasi dari PTNBLU (Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum) menjadi PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum). Seperti diungkapkan Jubir Unud, Dr. Putu Ayu Asty Senja Pratiwi, Ph.D., menyampaikan kegiatan ini terselenggara berkat dukungan yang begitu besar dari Rektor Universitas Udayana beserta jajarannya dan juga didukung oleh para narasumber yang berkenan untuk membagikan keilmuan yang dimilikinya kepada para peserta workshop.

1th#ik-14/8/2022

Disebutkan 60 peserta berpartisipasi di pelaksanaan workshop kali ini yang merupakan para Ketua dan Tim Upiks dari masing-masing fakultas dan unit yang ada di lingkungan Unud, beserta Humas dan Media Udayana serta Media Partner Unud. “Berkaitan dengan tema workshop kita kali ini, jurnalistik dapat dipahami dari tiga sudut pandang; sebagai proses, teknik, dan ilmu. Jurnalistik merupakan aktivitas, keahlian, seni, dan disiplin dalam pengumpulan, penulisan, pelaporan, pengambilan gambar dan ilustrasi, serta penyajian berita untuk kemudian disebarluaskan melalui berbagai jenis media baik cetak, online, maupun elektronik. Ilmu dan keterampilan jurnalistik penting untuk dikuasai dan terus digali utamanya bagi para peserta yang terdiri dari Ketua dan tim UPIKS fakultas dan unit, rekan-rekan Humas, Media Udayana dan para media partner Unud,” ungkap Senja sapaan akrabnya itu.

Disadari saat ini, Unud sedang bertransformasi menuju PTNBH yang akan membawa Unud ke level internasional, bersaing dengan universitas besar di dunia. Maka dari itu kemampuan dan keahlian dalam berbagai aspek jurnalistik perlu ditingkatkan dan diberikan penyegaran kembali terhadap berbagai hal-hal baru sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan pasar terutama yang berkaitan dengan publikasi. “Untuk itulah kami mengundang 4 orang narasumber yang sangat kompeten di bidangnya masing-masing yang akan berbagi ilmu selama 2 hari ini. Dua diantaranya telah hadir di tengah-tengah kita. Selamat siang dan selamat datang, untuk Bapak Prof., Ir. Nyoman Semadi Antara, M.P., Ph.D (selaku Ketua Tim Persiapan Transformasi PTNBH Unud) dan Ibu Ni Made Ayu Satyadriti, S.S., atau yang lebih dikenal dengan Ayu Tya (selaku Instagram Influencer; Beliau akan memaparkan pengelolaan media social untuk mengefektifkan branding lembaga),” bebernya.

1th#ik-6/10/2022

Sedangkan untuk esok harinya pada Rabu (19/10/2022), akan mendatangkan 2 orang narasumber yang mengisi agenda workshop yaitu Dr. A.A. Gde Agung Prameswara, S.E., M.Si. (seorang documentary photographer; yang akan mempresentasikan terkait fotografi dokumentasi untuk event dan publikasi internasional) dan Anak Agung Sagung Shanti Sari Dewi, S.S., M.Hum., M.App.Ling (selaku Koordinator Program BIPAS Unud dengan presentasi English for Institution’s Publicizing and Branding). Pada setiap sesi workshop akan terdapat pemaparan materi dan juga sesi praktek, sehingga para peserta dapat langsung mengaplikasikan teori yang disampaikan oleh pembicara dan mendapatkan feedback langsung dari ahlinya. “Melalui workshop ini kami berharap peserta mendapatkan pemahaman yang lebih dalam terkait materi yang dipaparkan, meningkatkan kemampuan peserta dalam mengemas dan mempublikasikan berita, untuk dapat bersama-sama ambil bagian dalam transformasi dan internasionalisasi Universitas Udayana,” jelas Senja.

Pihaknya juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung berlangsungnya acara ini, utamanya dukungan yang luar biasa dari Rektor Universitas Udayana beserta jajaran pimpinan, para narasumber, Tim Juru Bicara Rektor Unud, serta seluruh peserta workshop. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button