Teknologi dan Otomotif

Ingatkan #Cari_Aman, Edukasi Safety Riding ke Siswa SMKN 1 Klungkung


Klungkung, PancarPOS | Fungsi rem biasanya digunakan untuk memperlambat kecepatan dan tidak disarankan untuk melakukan pengereman secara mendadak. Namun sering kali pengendara menempelkan jari dituas rem atau dibiarkan stanby dituas rem. Materi ini merupakan pemaparan dari team safety riding Astra Motor Bali yang melakukan kunjungan ke SMKN 1 Klungkung, pada Selasa, 16 Januari 2024.

1th#ik-001.5/1/2024

Dengan metode peragaan menggunakan sepeda motor, Safety Riding Instructor Yosepth Klaudius mengingatkan kembali prediksi bahaya, tentang efek kebiasan buruk jari stanby di rem, dan blindspot. Sebanyak 70 Siswa yang bergabung dalam edukasi ini dari kelas 10 dan 11 mengikuti serangkaian pemaparan yang disampaikan.

“Dengan jari kita yang selalu standby di rem, secara tidak sadar mengakibatkan rem akan secara terus menerus berfungsi dan kita tidak sadar pula mengaktifkan switch lampu belakang, hal ini berefek akan memberi informasi yang salah kepada pengendara lain dan membuat kerusakan pada lampu rem belakang. Selain itu akibat jari yang selalu standby di rem akan mengikis kampas rem berpotensi mengakibatkan rem dalam jangka waktu panjang menjadi blong.

1th#ik-072.21/8/2023

Untuk ini, cara yang benar dalam menggunakan rem saat berkendara adalah tangan menggengam penuh di stang kemudi agar ketika ingin mengerem, tutup gas lalu mengerem menggunakan 4 jari dan porsi rem bagian depan lebih kuat di banding belakang. Di ingatkan untuk selalu #Cari_aman di jalan raya serta menularkan hal positif ke lingkungan sekitar.” papar Yosepth.

Ngurah Iswahyudi selaku PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali menyebutkan kegiatan edukasi safety riding ke sekolah sudah menjadi agenda rutin yang kami lakukan. Siswa atau pelajar adalah figur yang penting, untuk sejak dini diberikan pemahaman pentingnya keamanan dan keselamatan berkendara yang dimulai dari kebiasaan diri sendiri,” ungkapnya. uni/ama

Berita Terkait

2 Comments

  1. Makasih banyak buat infonya yang bermanfaat! Saya suka banget cari berita di sini, selalu update dan lengkap. Eh, btw, coba deh pake V.af buat pendekin link. Gampang banget, bisa bikin tautan jadi lebih simpel. Aku udah coba, keren loh! 😊👍

Tinggalkan Balasan


Back to top button